Dua Mahasiswa Gunakan Kacamata Pintar Meta, Lakukan Doxing lewat Instagram
Ray-Ban Stories. [Ray-Ban]
16:00
7 Oktober 2024

Dua Mahasiswa Gunakan Kacamata Pintar Meta, Lakukan Doxing lewat Instagram

Laporan yang meresahkan dari 404 Media telah mengungkap beberapa cara kacamata pintar Ray-Ban Meta dapat digunakan untuk melanggar privasi orang.

Dua mahasiswa Harvard menggunakan teknologi pengenalan wajah dan model bahasa yang besar untuk mengungkap nama, pekerjaan, dan detail lainnya dari subjek.

Perangkat mereka (dijuluki I-XRAY) dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengumpulkan data lain tentang orang tersebut termasuk alamat, nomor telepon, detail anggota keluarga, dan sebagian Nomor Jaminan Sosial dari berbagai sumber di web.

Meskipun hal ini dapat dilakukan dengan berbagai kamera, AnhPhu Nguyen dan Caine Ardayfio memilih menggunakan kacamata pintar Meta karena tampak hampir tidak dapat dibedakan dari kacamata biasa.

Baca Juga: 3 Hero Early Game Terbaik di META Mobile Legends Terbaru September 2024

Sebuah video demo memperlihatkan para siswa menggunakan kacamata tersebut untuk mengetahui informasi tentang orang-orang yang mereka temui di tempat umum.

Nguyen dan Ardayfio menyapa orang-orang yang tampak asing dengan menyebutkan nama mereka, membahas pekerjaan mereka, dan menyebutkan tempat yang mungkin pernah mereka temui di masa lalu, berdasarkan informasi yang diperoleh melalui pengaturan pengenalan wajah.

Dalam video tersebut, dijelaskan bahwa para siswa mengalirkan video dari kacamata tersebut ke Instagram.

Aliran tersebut dipantau oleh program komputer. Setelah AI mendeteksi wajah seseorang, sistem I-XRAY mereka menarik lebih banyak foto orang tersebut dari web beserta informasi publik tentang mereka.

Program tersebut kemudian memasukkan kembali detail tersebut ke aplikasi seluler yang dibuat oleh Nguyen dan Ardayfio, hanya dalam hitungan menit.

Baca Juga: 5 Hero EXP Lane META Season 34 Terbaik, Andalan Pro Player Mobile Legends!

"Seseorang bisa saja menemukan alamat rumah seorang gadis di kereta dan mengikuti mereka pulang," kata Nguyen, dilansir dari laman Engadget, Senin (7/10/2024).

"Tanggung jawab Anda atas penggunaan Facebook View. Anda bertanggung jawab untuk mematuhi semua hukum yang berlaku saat menggunakan Facebook View, dan untuk memberikan pemberitahuan atau memperoleh persetujuan apa pun, sebagaimana diwajibkan berdasarkan perekaman video, perekaman audio, data biometrik, atau privasi, perlindungan data, atau hukum lain yang berlaku, dari orang lain yang menggunakan Facebook View Anda atau berinteraksi dengan Anda saat Anda menggunakan Facebook View," beber Meta.

Meta juga menuliskan, Facebook View ditujukan untuk penggunaan pribadi atau rumah tangga semata. Anda hanya boleh menggunakan Facebook View untuk keperluan pribadi nonkomersial sesuai dengan Ketentuan dan ketentuan lain yang disediakan oleh kami terkait Facebook View.

"Anda tidak akan membongkar, mendekompilasi, merekayasa ulang, mendekripsi, atau mencoba memperoleh kode atau mengekstrak perangkat lunak dari Facebook View," tulis Meta lagi.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #mahasiswa #gunakan #kacamata #pintar #meta #lakukan #doxing #lewat #instagram

KOMENTAR