Cukup Posting Satu Video di X, MrBeast Raup Rp 4 Miliar
Profil MrBeast. (Instagram/mrbeast)
11:48
27 Januari 2024

Cukup Posting Satu Video di X, MrBeast Raup Rp 4 Miliar

YouTuber terkaya dunia, MrBeast, baru-baru ini mendapatkan penghasilan sebesar 260.000 dolar AS atau sekitar Rp4,1 miliar hanya dari satu postingan di Twitter. 

Jimmy Donaldson atau yang dikenal sebagai MrBeast memang sering membuat konten yang mengejutkan. Dia juga dikenal sebagai orang yang suka membagi-bagikan uang kepada mereka yang membutuhkan.

Namun yang tak kalah menarik, MrBeast baru saja mendapatkan Rp4,1 miliar hanya dengan sekali posting di Twitter atau X, platform media sosial milik Elon Musk.

Uniknya,  unggahan tersebut sebenarnya hanya repost dari salah satu videonya yang berhubungan dengan mobil. Dalam unggahan tersebut, terlihat MrBeast dan teman-temannya sedang berkendara menggunakan mobil dengan harga bervariasi mulai dari 1 dolar AS hingga 100.000.000 dolar AS.

Tapi siapa sangka, kontennya ini berhasil menghasilkan uang hingga Rp4,1 miliar. Meskipun demikian, YouTuber terkemuka ini mengakui bahwa angka-angka tersebut kemungkinan "sedikit dibuat-buat" dan agak berlebihan, serta tidak sepenuhnya akurat.

"Video pertama saya di X menghasilkan lebih dari 250.000 dolar AS! Tapi itu sedikit berlebihan. Pengiklan melihat perhatian yang saya dapatkan dan membeli iklan di video saya (menurut saya), sehingga pendapatan per penayangan saya mungkin lebih tinggi daripada yang Anda alami," tulisnya.

Berdasarkan pernyataan MrBeast di Twitter, video tersebut telah berhasil mengumpulkan lebih dari 156 juta tampilan dan mencapai 5 juta keterlibatan yang menghasilkan pendapatan sebesar 263.655 dolar AS. 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tarif BPS (Biaya Per Seribu) yang efektif adalah sebesar 1,69 dolar AS.

CPM (Cost Per Mille atau Biaya Per Seribu) merupakan metrik umum dalam periklanan dan pemasaran digital, yang menunjukkan biaya yang harus dikeluarkan oleh pengiklan untuk mencapai 1.000 penayangan iklan. 

Dalam hal ini, BPS sebesar 1,69 dolar AS berarti pengiklan membayar 1,69 dolar AS untuk setiap 1.000 penayangan iklan.

Menurut laporan dari Mashable, video yang sama yang diunggah di YouTube menghasilkan pendapatan sebesar 167.000 dolar AS setelah mencapai 77 juta penayangan. Dengan demikian, jika dihitung-hitung, postingan MrBeast di Twitter ini menghasilkan CPM yang lebih tinggi sebesar 2,17 dolar AS.

Banyak netizen mengeluh

Karena penghasilan MrBeast yang di luar biasa ini, banyak konten kreator di Twitter yang mengeluhkan pendapatannya. Mereka kesal karena MrBeast menghasilkan begitu banyak uang sementara pembuat konten kecil berjuang untuk menghasilkan ratusan uang di situs tersebut.

Ya, Elon benar-benar memberi Anda semua pendapatan iklan kami, karena kami tidak mendapat apapun," tulis salah satu pengguna.

Hahaha, jadi ini sebabnya pendapatanku berkurang setengahnya bahkan setelah aku menggandakan keterlibatanku, lmao,” kata yang lain.

Kontributor : Damai Lestari

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #cukup #posting #satu #video #mrbeast #raup #miliar

KOMENTAR