Kejanggalan UIPM Viral, Netizen Sebar Teori: Raffi Ahmad Berkorban untuk Fufufafa?
Ilustrasi Raffi Ahmad dan Gibran Rakabuming Raka. (instagram)
10:40
5 Oktober 2024

Kejanggalan UIPM Viral, Netizen Sebar Teori: Raffi Ahmad Berkorban untuk Fufufafa?

Berbagai utas mengenai kejanggalan Universal Institute of Professional Management (UIPM) viral di media sosial. Netizen baru-baru ini mengunggah teori konspirasi dalam menanggapi viralnya UIPM.

Terdapat netizen yang berspekulasi bahwa 'Raffi Ahmad berkorban untuk Fufufafa'. Menurut netizen, pemberitaan mengenai Fufufafa (yang diisukan sebagai akun Kaskus milik Gibran) seolah reda usai viralnya Raffi Ahmad dan UIPM.

Teori konspirasi lain yaitu beredarnya kabar tentang Raffi Ahmad yang dirumorkan masuk kabinet Prabowo-Gibran. Oleh sebab itu, menurut netizen, Raffi diduga mengincar gelar tinggi dalam waktu singkat.

Kehebohan bermula saat Raffi Ahmad menerima gelar kehormatan Doctor Honoris Causa (Dr. HC) dari UIPM beberapa waktu lalu. Berdasarkan penyelidikan netizen, publik menemukan bukti bahwa alamat kampus yang dibagikan ternyata merupakan hotel atau apartemen di Thailand.

Baca Juga: Digosipkan Masuk Kabinet Prabowo, Raffi Ahmad Lulusan Sekolah Mana?

Penelusuran dari Webometrics, QS World University Rankings, dan BAN-PT bahkan tidak ditemukan data terkait Universal Institute of Professional Management (UIPM).

Pendaftaran gelar 'Professor' yang memakai Google Form turut disorot oleh netizen. Publik semakin dibuat terhibur saat mengetahui foto alumni bernama Anita Sari.

Gambar yang dibagikan pada kolom alumni merupakan influencer Gita Savitri. Video dari Rantastia Nur Alangan selaku CEO UIPM menambah lengkap daftar kejanggalan kampus tersebut.

Petinggi kampus menceritakan bahwa UIPM sudah berdiri sejak 'twenty thousand sixteen' atau 'dua puluh ribu enam belas'. Apabila lancar menggunakan bahasa Inggris, ia seharusnya menyebut 'two thousand and sixteen' atau '2016'.

Berbagai kejanggalan dari kampus tersebut dibagikan oleh beberapa akun medsos termasuk @firufd, @5pe4k_Up, dan @nowdots. Kolom komentar langsung dipenuhi oleh berbagai teori konspirasi dari netizen.

Baca Juga: Petinggi UIPM Dituding Jadi Sindikat Ijazah Palsu, Raffi Ahmad Didesak untuk Klarifikasi Atas Gelarnya

Raffi Ahmad (Instagram/raffinagita1717)Raffi Ahmad (Instagram/raffinagita1717)

"Raffi Ahmad mengorbankan diri demi menutupi Fufufafa," kata @ad**e*nat.

"Berita ini mengalihkan kebobrokan wakil negara ilegal," nyinyir @l**fia**pu*ra.

"Si Raffi mau dikasih jabatan apa nih sampai harus bikin image begini dulu (emoticon tertawa)," komentar @***st*mnc.

"Kalau kampus nggak jelas berarti gelarnya 'Hororis Causa' bukan 'Honoris Causa'..hahaha," ungkap @da**r*iah.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #kejanggalan #uipm #viral #netizen #sebar #teori #raffi #ahmad #berkorban #untuk #fufufafa

KOMENTAR