Bye-bye Stalker! HyperOS 2.0 Bawa Fitur Blur Aplikasi Canggih
Xiaomi HyperOS 2.0. [hyperosupdate]
14:56
4 Oktober 2024

Bye-bye Stalker! HyperOS 2.0 Bawa Fitur Blur Aplikasi Canggih

Xiaomi sedang bersiap menggulirkan HyperOS 2.0 ke sejumlah smartphone. Antarmuka versi anyar tersebut bakal menawarkan fitur penyimpanan dan aplikasi khusus untuk meningkatkan privasi pengguna.

Sebagai informasi, HyperOS 1.0 hadir pertama kali bersama Xiaomi 14 yang meluncur pada Oktober tahun lalu. HyperOS 2.0 diharapkan debut bersama Xiaomi 15 di bulan ini.

Perusahaan sebelumnya sudah mengumumkan puluhan smartphone yang mendukung HyperOS 2.0. Tak hanya flagship, antarmuka anyar juga kompatibel dengan smartphone entry-level milik Xiaomi.

Salah satu fitur yang disertakan pada HyperOS 2.0 adalah Storage Sandbox. Fitur ini menghadirkan manajemen privasi dan keamanan yang diklaim lebih canggih bagi penggunanya.

Baca Juga: Teaser Oppo Find X8 Beredar, Ada Fitur 'AI Imaging'

Terkait cara kerja, Storage Sandbox mengisolasi akses aplikasi ke penyimpanan perangkat. Itu memungkinkan setiap aplikasi menyimpan file di area penyimpanan khusus dan terbatas di mana hal tersebut tidak dapat diakses oleh aplikasi lain.

Storage Sandbox HyperOS. (Xiaomi Time)Storage Sandbox HyperOS. (Xiaomi Time)

Hal ini memastikan data sensisitif tetap aman karena aplikasi tidak dapat mengakses file tersimpan satu sama lain tanpa izin khusus.

Dikutip dari XiaomiTime dan MobileTelco, Xiaomi diharapkan memberikan privasi lebih terkait penyimpanan serta akses aplikasi di HyperOS 2.0. Storage Sandbox bertujuan memastikan bahwa hanya pengguna dan aplikasi tertentu yang memiliki kendali atas data mereka.

Update HyperOS kemungkinan bakal mempermudah pengaktifan Blur Preview dari aplikasi. Fitur memastikan bahwa informasi pribadi Anda tetap rahasia bahkan saat Anda menyerahkan ponsel kepada orang lain.

Untuk mengaktifkan fitur blur pada aplikasi saat multi-tasking berlangsung, kalian perlu pergi ke menu Settings > Home Screen > Arrange Item in Recents > pilih Blur Preview > klik aplikasi yang ingin di-blur.

Baca Juga: Perbandingan Spesifikasi Xiaomi 14T vs Xiaomi 13T, Mana yang Lebih Oke?

Setelah aktif, aplikasi yang dipilih akan tetap muncul di menu "Aplikasi terkini", tetapi kontennya tidak akan dapat dibaca sama sekali.

Ini memastikan bahwa informasi pribadi Anda tetap aman dari paparan yang tidak disengaja. HyperOS 2.0 diprediksi bakal memberikan akses yang lebih sederhana terkait fitur yang meningkatkan privasi pengguna.

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #stalker #hyperos #bawa #fitur #blur #aplikasi #canggih

KOMENTAR