WhatsApp Kembangkan Indikator Pengetikan Baru, Tak Lagi Muncul di Atas Layar
Ilustrasi WhatsApp (Pexels.com/Anton)
22:08
3 Oktober 2024

WhatsApp Kembangkan Indikator Pengetikan Baru, Tak Lagi Muncul di Atas Layar

WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan instan terus menghadirkan fitur baru yang semakin memperkaya pengalaman pengguna, baik di Android maupun iOS. Terbaru, WhatsApp kini dilaporkan tengah mengembangkan fitur indicator pengetikan yang didesain ulang untuk obrolan individual dan grup.

Dilansir dari WABetaInfo pada Kamis (3/10/2024), dalam pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Android 2.24.21.18 yang tersedia di Google Play Store, ditemukan bahwa WhatsApp berencana untuk mengubah tampilan indicator ketika seseorang mengetik dalam chat.

Sebelumnya, saat pengguna mengetik dalam obrolan di WhatsApp, indikator pengetikan muncul di bagian atas layar di bilah aplikasi, di bawah nama grup, yang menunjukkan siapa yang sedang mengetik.

Namun dengan adanya pembaruan ini, indikator pengetikan kini muncul tepat di layar percakapan sebagai gelembung obrolan, sehingga lebih cepat dan mudah bagi pengguna untuk mengidentifikasi siapa yang sedang mengetik.

Baca Juga: Cara Sadap WhatsApp, Aman Tanpa Perlu Download Aplikasi Tambahan!

Sebagai informasi, pembaruan ini juga berlaku untuk indikator perekaman suara, yang kini muncul serupa di dalam antarmuka obrolan, yang memberikan pengalaman yang konsisten untuk aktivitas mengetik dan merekam.

Fitur pengetikan WhatsApp. [WABetaInfo]Fitur pengetikan WhatsApp. [WABetaInfo]

Ikon anggota grup muncul di samping animasi pengetikan tiga titik baru, yang memberikan umpan balik secara real time mengenai siapa yang sedang mengetik tanpa perlu melihat bagian atas layar. Karena itu, WhatsApp menghilangkan informasi ini dari bilah aplikasi atas. Indikator pengetikan yang didesain ulang juga muncul dalam obrolan individual.

Penting untuk dicatat bahwa ketika beberapa orang mengetik pada saat yang sama dalam obrolan grup, ikon profil pengguna juga akan muncul dalam obrolan, memberikan pengguna indikasi yang jelas tentang setiap orang yang sedang aktif. Sebelumnya, WhatsApp hanya menampilkan nama satu orang yang sedang mengetik, tanpa indikasi apa pun jika orang lain sedang mengetik secara bersamaan.

Perubahan ini membuatnya lebih intuitif dan nyaman bagi pengguna, terutama dalam obrolan grup yang ramai, di mana beberapa orang mungkin mengetik pesan atau merekam catatan suara pada saat yang sama.

Fitur indikator pengetikan yang didesain ulang untuk obrolan individual dan grup tersedia untuk beberapa penguji beta yang memasang pembaruan terbaru WhatsApp beta untuk Android dari Google Play Store dan fitur ini akan diluncurkan ke lebih banyak orang dalam beberapa minggu mendatang.

Baca Juga: Ngeri Banget, Google Earth Bisa Bawa Kita Balik ke Masa Lampau

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #whatsapp #kembangkan #indikator #pengetikan #baru #lagi #muncul #atas #layar

KOMENTAR