Pembaruan Baru, WhatsApp Siapkan Fitur Jumlah Lencana Notifikasi
Aplikasi WhatsApp [shutterstock]
14:40
24 September 2024

Pembaruan Baru, WhatsApp Siapkan Fitur Jumlah Lencana Notifikasi

WhatsApp meluncurkan pembaruan baru melalui Program Beta Google Play yang menghadirkan fitur untuk mengelola jumlah lencana layar beranda atau home screen.

Sebelumnya dalam WhatsApp beta untuk Android 2.24.11.13, aplikasi perpesanan instan itu sedang mengerjakan fitur untuk menghapus jumlah pesan yang belum terbaca. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk secara otomatis mengatur ulang notifikasi pesan yang belum terbaca setiap kali mereka membuka aplikasi.

Alhasil, pengguna dapat memulai dari awal dengan jumlah pesan yang belum terbaca nol, memastikan pengguna fokus pada pesan terbaru dan relevan tanpa kewalahan oleh notifikasi lama.

Tampanya, WhatsApp kini tengah menguji fitur ini dengan publik, karena beberapa penguji beta dapat mengelola opsi ini dalam pengaturan notifikasi. Berkat pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Android 2.24.20.17, yang tersedia di Google Play Store, ditemukan bahwa WhatsApp meluncurkan fitur untuk mengelola jumlah lencana layar beranda.

Baca Juga: Gegara Teknologi Pengiriman Pesan Ini, Google Ejek iPhone 16 Lewat Iklan

Fitur jumlah lencana WhatsApp. [WABetaInfo]Fitur jumlah lencana WhatsApp. [WABetaInfo]

Dalam gambar yang diunggah WABetaInfo, beberapa penguji beta dapat menjelajahi fitur untuk memutuskan bagaimana lencana layar beranda dihapus.

Dengan pembaruan ini, WhatsApp kini menawarkan kontrol lebih besar atas lencana notifikasi, memberi pengguna fleksibilitas untuk memilih di antara dua opsi untuk menghapus jumlah lencana layar beranda.

Secara khusus, pengguna dapat memilih untuk menyesuaikan lencana aplikasi setelah setiap tampilan, sehingga akan secara akurat memunculkan jumlah pesan yang belum terbaca atau panggilan tak terjawab setelah setiap sesi tampilan.

Jika pengguna membaca beberapa pesan tetapi membiarkan yang lain belum terbaca, lencana akan menyesuaikan sebagaimana mestinya, memberikan gambaran berkelanjutan tentang apa yang masih perlu diperhatikan pengguna di aplikasi WhatsApp. Nantinya, opsi ini akan membantu pengguna yang ingin melacak pesan yang belum terbaca atau panggilan tak terjawab tanpa kehilangan jejaknya.

Opsi kedua adalah pengaturan default dan memungkinkan pengguna untuk sepenuhnya menyetel ulang jumlah lencana setiap kali membuka WhatsApp, terlepas dari apakah pengguna telah membaca pesan atau belum.

Baca Juga: Daftar 104 HP Xiaomi yang akan Mendapatkan Fitur Circle to Search

Dengan memilih opsi untuk menghapus lencana notifikasi setelah membuka aplikasi, pengguna dapat menikmati layar beranda yang bebas dari pemberitahuan karena semua jumlah pesan yang belum terbaca akan dihapus setelah aplikasi diakses.

Opsi tersebut dapat menjadi fitur yang berguna bagi pengguna yang lebih suka menghapus lencana notifikasi segera setelah pengguna membuka aplikasi, melacak pesan baru tanpa gangguan dari akumulasi jumlah pesan lama yang belum terbaca.

Ini juga sangat bermanfaat bagi pengguna yang menerima banyak pesan dan tidak ingin merasa kewalahan oleh semakin banyaknya notifikasi yang belum terbaca.

Fitur untuk mengelola jumlah lencana layar beranda tersedia bagi beberapa penguji beta yang memasang pembaruan terbaru WhatsApp beta untuk Android dari Google Play Store dan akan diluncurkan ke lebih banyak pengguna dalam beberapa hari mendatang.

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #pembaruan #baru #whatsapp #siapkan #fitur #jumlah #lencana #notifikasi

KOMENTAR