Persaingan Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton Semakin Ketat
Mitsubishi All New Triton dengan tampilan baru akan menambah segmen pasar penjualan selain sektor perkebunan dan pertambangan. (Dony)
21:00
19 September 2024

Persaingan Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton Semakin Ketat

- Mobil double cabin punya pasarnya tersendiri, di Indonesia sektor tambang dan perkebunan menjadi pasar utama para produsen. Berbeda dengan penjualan pick up double cabin di Thailand.

Di negara Gajah Putih tersebut mobil pick up double cabin seperti mobil sejuta umat di Indonesia. Tiap bulan bisa tembus puluhan ribu unit.

Namun beberapa merek yang menjajakan mobil pick up double cabin rupanya juga akan menambah satu segmen lagi yaitu life style. Disisi lain penjualan pickup medium baik single maupun double cabin dari pabrik ke dealer (wholesales) di Tanah Air alami penurunan.

Penurunan penjualan ini disebabkan kondisi bisnis sektor tambang dan perkebunan maupun infrastruktur yang selama ini menjadi penyerapnya juga tidak baik-baik saja. Hal ini sangat berpengaruh pada penyerapan penjualan mobil yang dibutuhkan.

Toyota resmi luncurkan New Hilux 2024. (foto: Dony)

Sebaliknya, bila kondisi bisnis sektor-sektor itu bagus maka permintaan akan mengalami permintaan. Sementara untuk konsumen ritel atau individu untuk penyaluran hobi, penyerapannya tidak sampai 1 persen.

Bila melihat data Gaikindo angka yang dihimpun selama Januari – Agustus 2024, penjualan pickup kelas ini dari pabrik ke dealer (wholesales) alami penurunan dibanding delapan bulan pertama 2023.

Di tahun ini hingga Agustus 2024 salah satu pasukan dari Toyota yaitu Hilux masih memimpin penjualan. Toyota Hilux mampu mengkoleksi angka penjualan sebanyak 9.575 unit.

Walaun angka tersebut turun hingga 38,5 persen dibanding total penjualan ke dealer yang dibukukannya pada periode sama di tahun 2023.

Di posisi kedua ada Mitsubishi Triton yang mencatat angka wholesales sebanyak 4.688 unit. Sama seperti Toyota Hilux, Triton juga turun 9,7 persen dibanding periode Januari – Agustus tahun sebelumnya.

Pada hal keinginan pemerintah para produsen merakit lokal mobil jenis double cabin. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, juga sempat mengatakan pasar double cabin Indonesia bisa lebih berkembang. Caranya bisa melakukan modifikasi paket kebijakan untuk menggairahkan pasar double cabin.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #persaingan #toyota #hilux #mitsubishi #triton #semakin #ketat

KOMENTAR