Mengenang Sosok Sehat Sutardja, Pelopor Chip Modern dari Indonesia yang Punya Lebih dari 400 Paten Teknologi
Sehat Sutardja, pelopor chip modern dari Indonesia yang meninggal dunia di usia 63 tahun, Rabu (18/9). (Marvell Technology)
17:24
19 September 2024

Mengenang Sosok Sehat Sutardja, Pelopor Chip Modern dari Indonesia yang Punya Lebih dari 400 Paten Teknologi

– Kabar duka datang dari salah satu tokoh sentral pengembangan industri chip modern asal Indonesia, Sehat Sutardja. Sehat Sutardja yang merupakan Co-founder Marvell Technology, meninggal dunia pada Rabu (18/9) di usia 63 tahun. 

Informasi tersebut diumumkan melalui situs resmi Marvell Technology. Melalui artikel berjudul 'Remembering Sehat Sutardja, Marvell Co-Founder', perusahaan teknologi semikonduktor tersebut mengenang kembali sosok Sehat Sutardja.

"Salah satu pendiri Marvell, Sehat Sutardja, adalah seorang pemimpin visioner, insinyur brilian, serta kolega dan teman yang disayangi banyak orang di Marvell," kata Michael Kanellos, Kepala Hubungan Influencer, Marvell Technology.

Sehat Sutardja bukanlah sosok sembarangan. Otaknya encer. Makanya, Sehat Sutardja bisa menjadi salah satu pionir di teknologi semikonduktor atau chip modern.

Dalam kenangannya, Marvell Technology menyebut bahwa perjalanan Sehat dimulai di Jakarta, Indonesia. Tempat ia merakit generator Van de Graaf dan perangkat lain dengan suku cadang dari toko onderdil mobil milik orang tuanya. 

Sehat Sutardja pada usia 13 tahun bahkan telah menjadi teknisi reparasi radio bersertifikat. Hal tersebut menunjukkan bakat dan rasa ingin tahunya di bidang tersebut.

Ketertarikan awal ini mendorongnya untuk menempuh pendidikan tinggi di Amerika Serikat (AS). Tempat ia meraih gelar sarjana teknik elektro dari Iowa State University, diikuti dengan gelar master dan doktor teknik elektro dari University of California, Berkeley.

Stephen Lewis, yang kini menjadi profesor teknik listrik dan komputasi di UC Davis, menggambarkan Sehat Sutardja sebagai seorang perfeksionis dalam sebuah artikel untuk IEEE Spectrum. 

Sebagai mahasiswa, mereka membangun konverter analog-ke-digital. Cara tradisional untuk membuatnya melibatkan penggunaan dua kapasitor, yang satu berukuran dua kali lipat dari yang lain. 

“Ia menemukan cara untuk melakukannya dengan dua kapasitor yang identic. Meningkatkan kecepatan penguat dengan meningkatkan umpan baliknya. Kami memiliki solusi yang berhasil, tetapi ia terus mencari hingga menemukan cara yang lebih baik untuk melakukannya," kenang Lewis.

Pada tahun 1995, Sehat, istri Weili Dai, dan saudara laki-laki Sehat, Pantas Sutardja, mendirikan Marvell Technology. Mereka memilih nama Marvell karena mereka ingin membangun perusahaan yang dapat menciptakan perangkat yang 'luar biasa'. 

Produk pertama Marvell adalah saluran baca khusus untuk hard drive yang dapat diproduksi sepenuhnya dalam silikon semikonduktor.

Kebijaksanaan konvensional adalah bahwa pendekatan itu tidak akan berhasil, Sehat memberi tahu para mahasiswa selama kuliah di Berkeley pada tahun 2014. 

Namun, perangkat tersebut mengurangi konsumsi daya dan biaya produksi sekaligus meningkatkan kinerja. Hal tersebut membuat Marvell Technology segera menjadi mitra tepercaya bagi banyak perusahaan teknologi terkemuka di dunia.

Sebagai seorang penemu dan rekan penemu, Sehat memegang lebih dari 440 paten. Ia diakui sebagai Penemu Tahun Ini oleh Silicon Valley Intellectual Property Law Association dan dinobatkan sebagai Fellow IEEE. 

Sehat Sutardja juga menerima Penghargaan Prestasi Seumur Hidup Diaspora Indonesia untuk Perintis dan Inovasi Global. Dia sering berbicara di acara-acara seperti International Solid State Circuits Conference tentang masa depan desain dan komputasi semikonduktor.

Di luar prestasi profesionalnya, Sehat dikenal karena kerendahan hatinya, kebaikan hatinya, dan kedermawanannya. Ia adalah mentor bagi banyak orang, selalu bersedia berbagi pengetahuan dan wawasannya. 

"Tim Marvell berterima kasih atas kontribusinya dan warisan yang ditinggalkannya melalui pendirian perusahaan kami," tandas Michael Kanellos selaku Kepala Hubungan Influencer, Marvell Technology.

 

Editor: Bayu Putra

Tag:  #mengenang #sosok #sehat #sutardja #pelopor #chip #modern #dari #indonesia #yang #punya #lebih #dari #paten #teknologi

KOMENTAR