Review realme 13 Pro 5G: Sama Mewah dan Andal untuk Fotografi Seperti Saudaranya
realme 13 Pro 5G, saudara kembar dengan Pro+ tetapi dengan sejumlah fitur berbeda yang membuatnya lebih terjangkau. 
16:12
19 September 2024

Review realme 13 Pro 5G: Sama Mewah dan Andal untuk Fotografi Seperti Saudaranya

realme turut membawa realme 13 Pro 5G di Indonesia bersamaan dengan realme 13 Pro+ 5G. Ponsel ini bisa dibilang merupakan saudara kembar dengan Pro+ tetapi dengan sejumlah fitur yang berbeda untuk membuat realme 13 Pro 5G lebih terjangkau daripada saudaranya tersebut. 

Salah satu fitur yang berbeda yaitu realme 13 Pro 5G menawarkan sensor makro 2MP dan pengisian daya cepat 45W SUPERVOOC Charge, bukan lensa periskop 50MP dan 80W SUPERVOOC yang ditawarkan oleh Pro+.

Nah, dengan perbedaan-perbedaan lain di antara keduanya, apakah realme 13 Pro 5G masih layak untuk dilirik? Baca ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya!

Desain

realme 13 Pro 5G terlihat dan terasa persis seperti realme 13 Pro+ 5G. Ringkas, ringan, dan mudah digenggam. Sebagai sedikit pembeda, realme 13 Pro 5G hadir dengan varian warna Monet Purple yang tidak tersedia di varian Pro+.

Seperti realme 13 Pro+, realme 13 Pro 5G hadir dalam dua varian: varian kaca, dan varian kulit Emerald Green, yang menjadi unit pembahasan ini. Varian kulit terlihat mewah juga nyaman karena tekstur kulitnya terasa cukup kesat dan empuk saat digenggam.

Seperti biasa, realme memberikan casing yang disertakan dalam box. Casing ini memiliki lapisan bertekstur namun berwarna abu-abu solid. Menggunakan casing bawaan dari realme memang menyembunyikan kemewahan desain, tapi membantu mencegah ponsel terlepas dari tangan, dan sama-sama terasa nyaman untuk memegang ponsel dalam waktu lama. 

Pada bagian belakang, ponsel ini memiliki modul kamera besar yang lebih tinggi di bagian tengah, dengan pinggiran keemasan. Di sini juga terdapat strip berwarna emas di bagian bawah lingkaran yang bertuliskan HYPERIMAGE+

realme juga memberikan perlindungan IP65 yang dalam pengujian kami tidak ditemukan masalah saat penggunaan di bawah guyuran hujan karena dilengkapi dengan teknologi Rainwater Smart Touch.

Selanjutnya, dua speaker hadir di bagian atas dan bawah yang memiliki dukungan Hi-res. Speaker ini menghasilkan suara yang jernih dan nyaring.

Di bagian bawah, smartphone ini juga disematkan dengan port USB-Type C untuk pengisian daya atau transfer data.

Di bagian depan, realme 13 Pro 5G memasang panel AMOLED 6,7 inci yang hadir dengan kecerahan puncak 2.000 nits, resolusi Full HD+, dan kecepatan refresh rate hingga 120Hz.

Layar dengan tepi yang sedikit melengkung di bagian samping memberikan pengalaman menonton di dalam dan di luar ruangan yang luar biasa, dengan bezel yang sangat tipis dan output warna yang tajam.

Saat digunakan, bagian tepi yang melengkung tersebut pun cukup kebal terhadap sentuhan yang tidak disengaja. 

Isi Paket Penjualan

Dalam boks penjualan dapat ditemukan aksesori kepala charger 45W SUPERVOOC dan kabel Type-C, SIM ejector, casing, serta kertas manual dan garansi. 

Antarmuka

realme 13 Pro 5G juga hadir dengan banyak fitur AI. Ponsel ini menjalankan realme UI 5.0 berbasis Android 14, menawarkan fitur-fitur seperti AI Smart removal untuk mengedit gambar, AI Ultra Clarity untuk meningkatkan kualitas gambar, dan AI Smart Loop yang mengenali konten dan memberikan rekomendasi untuk langkah selanjutnya.

Kamera

Untuk fotografi, realme 13 Pro 5G memiliki sensor utama Sony LYT 600 OIS 50MP, bersama dengan lensa ultra-wide 8MP, dan sensor makro 2MP. Kamera utama menangkap bidikan yang mengesankan di siang hari dengan warna yang realistis, noise minimal, dan memiliki dynamic range yang baik.

Dalam kondisi cahaya redup, fitur Night Mode di ponsel ini bekerja dengan baik dan menyempurnakan gambar yang dihasilkan dengan warna yang akurat dan pencahayaan yang tepat.

Meski tidak memiliki kamera telefoto terdedikasi, kamera realme 13 Pro 5G masih bisa melakukan 2x Portrait dan mampu menghasilkan gambar yang memiliki keburaman latar belakang alami dengan fokus yang memadai pada subjek.

realme 13 Pro 5G juga memiliki kamera depan 32MP yang memiliki detail yang memadai dan mempertahankan warna yang natural.

Berikut adalah beberapa contoh foto yang diambil dengan kamera utama realme 13 Pro 5G:

Foto Outdoor (Ultra-wide, Normal 1x, 2x, 5x)  Foto Indoor  Foto 1x Portrait dan 2x Portrait  Foto Close-up  Foto Night Mode  

Sistem kamera HYPERIMAGE+ buatan realme menggunakan AI untuk membawa foto ke level selanjutnya. Mode AI Pure Bokeh menciptakan latar belakang buram yang indah, AI Natural Skin Tone membuat foto portrait terlihat sempurna, dan AI Ultra Clarity yang masih dalam versi Beta mempertajam setiap detail kecil.

AI Ultra Clarity - Kiri Sebelum; Kanan Sesudah 

Saat mengambil foto grup dengan fitur AI Group Photo Enhance, semua orang dalam bidikan pun bisa berada dalam fokus, bahkan mereka yang berada di bagian pinggir sekalipun!

Performa

realme 13 Pro 5G ditenagai oleh chipset Snapdragon 7s Gen 2, yang sama dengan realme 12 Pro+ 5G. Selama penggunaan sehari-hari, kami tidak mengalami lag atau perlambatan saat menggunakan ponsel.

realme 13 Pro 5G menghadirkan performa harian yang luar biasa dan cepat. Dilengkapi dengan RAM LPDDR4X 12GB dan penyimpanan UFS 3.1 256GB, membuat multitasking dan transfer file menjadi lancar dan mudah. 

Untuk mendorong batas kemampuannya, kami juga coba memainkan game berat seperti “Honor Of Kings” dalam pengaturan grafis dan frame rate yang tinggi, dan ponsel ini memiliki kinerja yang mengesankan di kelasnya.

Selama digunakan untuk bermain game, suhu ponsel ini tidak pernah terasa terlalu panas berkat sistem pendingin 3D vapor chamber yang disematkan di dalamnya, yang merupakan sistem pendingin sembilan lapis. 

Baterai

Baterai 5200mAh yang besar, dikombinasikan dengan pengisian daya cepat 45W SUPERVOOC menjadi kata kunci kepuasan. realme 13 Pro 5G dapat digunakan satu hari penuh, meski dengan penggunaan yang intens, termasuk untuk bermain game, streaming, dan browsing, tanpa harus mengisi daya berkali-kali. 

realme pun menjamin bahwa setelah beberapa kali siklus pengisian daya, baterai akan masih dapat bertahan dengan baik.

Kesimpulan

Tak hanya desain dan tampilan yang memberikan kesan premium, realme 13 Pro 5G hadir dengan fitur yang sama dengan kakaknya, realme 13 Pro+ 5G.

Mulai dari kinerja yang andal, sensor kamera utama yang mengesankan, hingga daya tahan baterai sepanjang hari, ponsel ini siap memenuhi harapan sebagian besar pengguna. Kamera di realme 13 Pro 5G ini juga memiliki banyak fitur AI yang terasa segar!

Bersamaan dengan realme 13 Pro Series 5G, ada juga smartwatch realme Watch S2 yang merupakan penerus dari realme Watch S, yang diluncurkan pada tahun 2020.

realme Watch S2 memiliki layar AMOLED 1,43 inci yang lebih besar dari pendahulunya, desain tahan debu dan air IP68 dengan bodi metalik, fitur Always-On Display, Bluetooth Calling, dan penyimpanan khusus 4GB untuk aplikasi Pemutar Musik.

Tentunya terdapat fitur-fitur pemantau kesehatan yang mumpuni seperti pemantauan detak jantung, pengukuran SpO2, pemantauan tidur 24 jam, pelacakan kesehatan wanita, dan pelacakan aktivitas harian.

realme Watch S2 menawarkan antarmuka yang intuitif dengan animasi yang mulus dan mudah digunakan. Smartwatch ini mendukung lebih dari 150 tampilan jam tangan yang dapat dipilih dari aplikasi realme Link.

realme Watch S2 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 380 mAh yang mampu bertahan hingga 20 hari dalam sekali pengisian daya dan lebih dari 14 hari dalam mode standar.

Berminat untuk mendapatkan realme 13 Pro 5G? realme akan mengadakan promo khusus untuk pembelian realme 13 Pro 5G selama periode Flash Sale dengan potongan harga sebesar 400 ribu rupiah, eksklusif di Tokopedia, TikTok Shop, dan realme.com! Potongan harga spesial Flash Sale tersebut dapat diperoleh pada 25 September 2024 mulai pukul 00.00 WIB.

Editor: Sponsored Content
%0

Tag:  #review #realme #sama #mewah #andal #untuk #fotografi #seperti #saudaranya

KOMENTAR