Meta Rilis Instagram Teen Accounts, Tawarkan Fitur Khusus untuk Remaja
Fitur Instagram Teen Accounts. (Instagram)
16:56
18 September 2024

Meta Rilis Instagram Teen Accounts, Tawarkan Fitur Khusus untuk Remaja

Meta resmi mengenalkan Instagram Teen Accounts pada Selasa (17/09/2024). Program anyar dari Meta ini mempunyai fitur khusus untuk pengguna di bawah 17 tahun.

"Kami memperkenalkan Instagram Teen Accounts (Akun Remaja Instagram) untuk meyakinkan orangtua bahwa remaja mendapatkan pengalaman aman dengan perlindungan bawaan yang diaktifkan secara otomatis," tulis Meta melalui blog resmi perusahaan.

Instagram Teen Accounts mempunyai perlindungan bawaan di mana fitur akan membatasi siapa yang dapat menghubungi mereka dan konten yang mereka lihat.

Dikutip dari Guardian, remaja yang mendaftar ke Instagram sudah ditempatkan pada pengaturan privasi paling ketat secara default. Ini meliputi larangan orang dewasa mengirim pesan kepada remaja yang tidak mengikuti mereka dan menonaktifkan notifikasi di malam hari.

Baca Juga: 5 Hero Mid Lane Terbaik di Mobile Legends September 2024, Selalu Jadi Andalan

Dengan fitur 'Akun Remaja', pengguna berusia di bawah 16 tahun akan memerlukan izin orang tua untuk mengubah pengaturan tersebut. Sementara pengguna berusia 16 dan 17 tahun yang menggunakan fitur baru ini akan dapat mengubahnya secara mandiri.

Fitur Instagram Teen Accounts. (Instagram)Fitur Instagram Teen Accounts. (Instagram)

Nantinya, Instagram Teen Accounts akan membantu remaja agar tidak memainkan media sosial terlalu malam. Mode Tidur bakal diaktifkan antara pukul 10 malam dan 7 pagi. Pada rentang waktu tersebut, aplikasi Instagram menonaktifkan notifikasi serta pesan secara otomatis.

Instagram hanya akan mengizinkan remaja untuk menerima pesan dari orang yang terhubung dengan mereka. Demikian pula, mereka hanya dapat disebutkan atau ditandai oleh akun yang mereka ikuti.

Instagram turut menghadirkan fitur Hidden Words. Ini akan menyaring komentar yang tidak diinginkan dari komentar dan pesan. Meta memberikan Fitur Pengawasan yang nantinya dikontrol oleh orangtua.

Fitur tersebut bakal menunjukkan siapa saja pengguna yang berinteraksi dengan anak mereka (ini termasuk Stories dan Notes). Sebagai catatan, Instagram Teen Accounts bakal aktif secara default di beberapa wilayah tertentu yaitu Australia, Kanada, Inggris, dan AS. Belum diketahui apakah Meta akan membawa kebijakan Instagram Teen Accounts ke wilayah Asia atau tidak.

Baca Juga: Bungkam Telepon dari Nomor WhatsApp Tak Dikenal Dengan Cara Ini

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #meta #rilis #instagram #teen #accounts #tawarkan #fitur #khusus #untuk #remaja

KOMENTAR