Jalur Wisata Puncak Bogor Macet Parah saat Libur Maulid Nabi Muhammad, Ini Tips Cegah Mobil Overheat Saat Macet
Ilustrasi: Mesin mobil overheat. (Istimewa)
16:52
17 September 2024

Jalur Wisata Puncak Bogor Macet Parah saat Libur Maulid Nabi Muhammad, Ini Tips Cegah Mobil Overheat Saat Macet

– Pada momen libur panjang Maulid Nabi yang berakhir Senin (16/9) kemarin, jalur Puncak Macet parah, bahkan sampai menelan satu korban jiwa. Kemacetan parah ini membuat sepeda motor dan mobil tak bisa bergerak bahkan, sampai ke jalur-jalur alternatif.

Dalam kondisi macet, tak sedikit mobil mengalami overheat atau kelewat panas suhu mesinnya. Kondisi ini dapat menyebabkan air radiator menguap dan berpotensi merusak mesin.

Supaya nggak sampai mengalami kejadian overheat pada mobil saat kondisi jalan macet, berikut tips mencegahnya biar senantiasa aman dalam perjalanan.

Rutin Cek Air Radiator

Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya kamu selalu mengecek kondisi air radiator, terlebih jika telah mengetahui akan melalui kemacetan. Sebagai antisipasi keadaan darurat, kamu juga disarankan untuk membawa air radiator cadangan. Pastikan juga tabung penyimpanan air radiator dalam keadaan baik.

Pastikan Suhu Mobil Normal

Jika indikator suhu mobil pada dashboard sudah menyala, artinya kamu harus segera meresponsnya dengan mendinginkan mobil. Apabila sedang berada di tengah perjalanan, kamu bisa mencari tempat istirahat untuk mendinginkan mesin mobil.

Pastikan Kipas Pendingin Berfungsi Maksimal

Kipas pendingin pada mesin memiliki peran yang sangat penting untuk mencegah terjadinya overheat. Pasalnya, jika kipas pendingin bermasalah, akan menyebabkan radiator mudah panas yang bisa berdampak pada suhu mesin meningkat.

Berkendara dengan Kecepatan Rendah

Banyak pengendara mungkin tidak menyadari bahwa memacu mobil dengan kecepatan RPM tinggi dapat membuat mesin cepat panas.

Oleh karena itu salah satu cara mencegah mesin overheat adalah dengan berkendara pada kecepatan RPM rendah. Tujuannya mesin tidak melakukan aktivitas berat dan suhunya dapat terjaga.

Matikan Mesin Mobil

Apabila kamu terjebak macet hingga berjam-jam, sebaiknya matikan mesin mobil. Jika suhu mobil sudah meningkat, kamu juga bisa menepi dan mencari tempat untuk mendinginkan mesin mobil.

Namun perlu diingat, untuk lebih memaksimalkan pendinginan mobil kamu harus membuka kap mesin agar udara panas yang terjebak di dalam mesin dapat keluar.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #jalur #wisata #puncak #bogor #macet #parah #saat #libur #maulid #nabi #muhammad #tips #cegah #mobil #overheat #saat #macet

KOMENTAR