Smartfren dan XL Akan Merger, Apa Dampaknya Ke Pelanggan?
Kolase logo Smartfren dan XL. [Smartfren & XL]
14:56
17 September 2024

Smartfren dan XL Akan Merger, Apa Dampaknya Ke Pelanggan?

Proses merger antara Smartfren dan XL hingga saat ini masih dalam tahapan uji tuntas. Menurut keterangan CEO PT Smartfren Telecom Tbk. Merza Fachys, proses yang disebut juga sebagai due diligence tersebut diperkirakan akan rampung pada akhir tahun, dengan model baru diharapkan dapat diperkenalkan pada awal 2025.

Merger antara keduanya mungkin menimbulkan tanda tanya bagi pelanggan XL dan Smartfren yang khawatir dengan nomor ponsel maupun paket data yang digunakan.

Namun menurut Merza, pelanggan dipastikan tidak akan terdampak apa-apa atas merger yang dilakukan Smartfren dan XL. Sebaliknya, pelanggan justru akan mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

"Pelanggan akan mendapatkan manfaat yang lebih baik dengan merger ini. Kita harapkan kualitas layanan akan lebih baik, apakah itu berupa speed lebih baik, kestabilan sinyal akan lebih baik, dan lain-lain," ucap Merza Fachys saat ditemui di acara Gedor Kampus Jakarta sebagai salah satu narasumber, pada Selasa (17/9/2024).

Baca Juga: AXIS Nation Cup 2024 Jangkau 40 Kota Siap Diikuti 1.650 Pelajar SMA

Merza menekankan bahwa tidak akan ada pelanggan yang dirugikan dan justru keuntungan akan dirasakan pelanggan Smartfren dan XL.

Perihal nomor ponsel, Merza menerangkan bahwa nomor yang sudah digunakan pengguna tidak akan terpengaruh. Hal ini juga berlaku untuk paket data yang ditawarkan.

CEO PT Smartfren Telecom Tbk. Merza Fachys. [Suara/Lintang Siltya Utami]CEO PT Smartfren Telecom Tbk. Merza Fachys. [Suara/Lintang Siltya Utami]

"Nomor kartu akan di-keep dan itu termasuk ke dalam proses perizinan. (Proses) Harus dilakukan agar seluruh nomor yang sudah dipakai di dua perusahaan ini, tidak ada yang berubah. Paket harga kemungkinan akan tetap dan tentunya pelan-pelan akan menjadi satu," tambahnya.

Terakhir, penggabungan kedua perusahaan ini tentu akan berfokus pada pengguna. Merza menekankan bahwa pelanggan tidak perlu khawatir mengenai hal ini.

"Yang akan kita lakukan dan hampir semua perusahaan merger lakukan, konsumen adalah fokus utama. Tidak boleh ada effort yang harus dikeluarkan konsumen yang disebabkan karena merger, jadi konsumen udah, tenang aja. Seolah-olah nggak ada apa-apa. Aman aja," imbuhnya.

Baca Juga: XL Axiata Perkuat Jaringan 4G Dukung Kesuksesan PON XXI 2024 di Aceh - Sumut

Saat ini, Smartfren dan XL Axiata masih menunggu uji tuntas diselesaikan. Setelah itu, kedua belah pihak dapat melakukan pembahasan lebih jauh dan berdiskusi, termasuk struktur pemegang saham dan proses perizinan.

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #smartfren #akan #merger #dampaknya #pelanggan

KOMENTAR