CEO Indodax Jelaskan Kronologi Peretasan: Ada Exploit Celah Keamanan yang Bikin Hacker Masuk  
Ilustrasi Peretasan menimpa platform trading kripto, Indodax. (Cyvers Alerts)
11:40
14 September 2024

CEO Indodax Jelaskan Kronologi Peretasan: Ada Exploit Celah Keamanan yang Bikin Hacker Masuk  

 

– Oscar Darmawan, CEO dan founder Indodax menjelaskan terkait peretasan atau hacking pada perusahaan trading kripto rintisannya itu.

Menjadi salah satu yang pertama dan terbesar di Indonesia, platform exchange aset digital Indodax diketahui mengalami peretasan pada Rabu (11/9) lalu.

Terkait hal tersebut, Indodax langsung melakukan maintenance pada website dan aplikasinya. Oscar Darmawan kepada JawaPos.com memastikan, maintenance dilakukan karena benar adanya indikasi gangguan keamanan siber pada 11 September lalu.

"Ya, benar. Indodax melakukan maintenance sejak 11 September 2024 karena adanya indikasi akses ilegal dan insiden keamanan pada server kami. Langkah ini diambil sebagai tindakan pencegahan untuk melindungi sistem Indodax serta dana member tetap aman dan terlindungi," terang Oscar.

Oscar melanjutkan, saat melakukan maintenance karena adanya anomali siber yang mengarah pada peretasan atau hacking, pihaknya menemukan adanya celah keamanan. Celah itu diduga menjadi akses masuk hacker untuk mengeksploitasi Indodax.

"Selain maintenance ini, kami menemukan exploit celah keamanan yg digunakan attacker dan melakukan remediasi untuk menutup celah tersebut," lanjut Oscar.

Setelah menemukan celah tersebut, Oscar menyebut, maintenance dan investasi dilakukan dengan menggandeng perusahaan keamanan siber eksternal. Pihaknya juga melakukan peninjauan menyeluruh pada sistem dan infrastruktur Indodax untuk memastikan tidak ada lagi exploit/backdoor di dalam sistem. 

Setelah isu tersebut bisa dikonfirmasi, Indodax memastikan pihaknya akan segera membuka akses platform kepada publik. Hal ini untuk memastikan aset member tetap aman dan tidak ada insiden serupa. 

"Setelah maintenance dibuka, sistem Indodax akan kembali beroperasi normal. Saldo aset member, baik dalam bentuk rupiah maupun aset kripto, akan tetap sama persis seperti sebelum maintenance. Member akan dapat kembali melakukan trading, mendeposit, maupun melakukan penarikan aset kripto seperti biasa," klaim Oscar.

Indodax juga memohon maaf sebesar-besarnya atas insiden ini. Oscar mengatakan, pihaknya sangat menghargai kesabaran dan pengertian para member selama masa maintenance

"Kami berkomitmen untuk menyelesaikan masalah ini secepat mungkin dan memastikan bahwa sistem kami kembali aman dan stabil," tutup Oscar.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #indodax #jelaskan #kronologi #peretasan #exploit #celah #keamanan #yang #bikin #hacker #masuk

KOMENTAR