Kenapa HP Samsung Tak Bisa Edit Wajah dan Sematkan Watermark di Konten AI
Samsung Galaxy S20. [Unsplash/Jonas Leupe]
17:56
11 September 2024

Kenapa HP Samsung Tak Bisa Edit Wajah dan Sematkan Watermark di Konten AI

Samsung berkomitmen mengembangkan artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan) yang melindungi privasi pengguna dan kreativitas berkarya.

"Kami (menggunakan AI) yang sesuai regulasi yang berlaku, termasuk menghormati hak cipta dari setiap kreasi yang dibuat pengguna," kata Manajer Senior Pemasaran Produk MX Samsung Electronics Indonesia Ilham Indrawan saat diskusi daring di Jakarta, Selasa 10 September 2024.

Samsung sejak awal tahun ini menyematkan kemampuan kecerdasan buatan pada ponsel flagship mereka, yang diberi nama Galaxy AI. Kecerdasan artifisial itu memiliki berbagai fitur untuk mendukung produktivitas hingga membuat konten.

Samsung berupaya melindungi privasi pengguna dengan tidak mengizinkan mengedit wajah seseorang menggunakan Galaxy AI dengan alasan keamanan data pribadi.

Baca Juga: Tecno Pova 6 Neo 5G Resmi Rilis, HP Murah AI dengan Memori 256 GB

Samsung juga tidak mengizinkan fitur pencarian Circle to Search digunakan untuk mencari wajah seseorang.

Sementara itu, sebagai bentuk menghargai kreativitas, Samsung memberikan watermark (tanda air) yang tidak bisa dihilangkan pada setiap konten yang dibuat menggunakan Galaxy AI, termasuk pada foto yang diedit menggunakan Galaxy AI.

"Untuk menandakan bahwa foto itu melalui proses editing (penyuntingan). Itu komitmen kami untuk mengikuti regulasi AI," kata Ilham menambahkan.

Samsung memprediksi kebutuhan konsumen terhadap AI akan meningkat, melihat pertumbuhan penggunaan Galaxy AI dari 19 persen ketika diluncurkan awal tahun ini menjadi sekitar 27 persen untuk hari ini.

Pertumbuhan tersebut, kata Ilham, didukung semakin banyak gawai Samsung yang mendapatkan Galaxy AI serta kehadiran fitur-fitur berbasis AI pada ponsel lipat Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6.

Baca Juga: Samsung Galaxy S25 Ultra: Desain Ringkas, Kamera 50MP, dan Chipset Terbaru Snapdragon 8 Gen 4

"Penerimaan (terhadap AI) semakin baik, orang semakin terbiasa menggunakan AI," kata Ilham.

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #kenapa #samsung #bisa #edit #wajah #sematkan #watermark #konten

KOMENTAR