Cek Spesifikasi Mate XT, Ponsel Lipat 3 Terbaru Huawei Raih Lebih dari 4 Juta Pre-Order di China, Saingi iPhone dan Samsung?
Peluncuran ponsel lipat tiga Huawei Mate XT pada Selasa (10/9). (AndroidAuthority/ Hadlee Simons)
15:32
11 September 2024

Cek Spesifikasi Mate XT, Ponsel Lipat 3 Terbaru Huawei Raih Lebih dari 4 Juta Pre-Order di China, Saingi iPhone dan Samsung?

 

Huawei telah mengumpulkan lebih dari empat juta pre-order untuk ponsel lipat tiganya, demikian menurut situs resminya. Kejadian ini cukup menarik perhatian, sebab peluncuran ponsel lipat tiga ini dilakukan hanya beberapa jam setelah Apple meluncurkan model terbarunya iPhone 16.

Huawei Mate XT ini diluncurkan hari ini, Selasa (10/9). Para pelanggan yang melakukan pre-order akan menerima rincian tentang bagaimana cara membeli ponsel tersebut pada hari ini dan tidak perlu membayar uang muka (DP).

Angka pre-order yang cukup besar ini menunjukkan bahwa produk Huawei memiliki navigasi yang kuat untuk menjadi pesaing utama Apple, khususnya di negara China sendiri. Menurut konsultan dari perusahaan IDC, Huawei adalah penjual ponsel lipat terbesar di China pada kuartal kedua, dengan pangsa pasar domestik sebesar 42%.

“Hari ini kami menghadirkan produk yang dapat dipikirkan semua orang tetapi tidak dapat dibuat. Tim kami telah bekerja keras selama lima tahun dan tidak pernah menyerah,” kata direktur eksekutif Huawei, Richard Yu, pada saat peluncuran, melansir Reuters.

Dengan ragam spesifikasi yang ditawarkan, ponsel teknologi terbaru yang bisa dilipat menjadi tiga ini dijual dengan harga mulai 19.999 yuan ($2,800) atau sekitar Rp 43,3 juta dengan penyimpanan 256 gb. Versi dengan kapasitas lebih tinggi dijual seharga 21.999 yuan dan 23.999 yuan.

Ponsel ini menawarkan beragam kemudahan kepada pengguna untuk memiliki asisten AI dengan ringkasan teks, fungsi terjemahan dan pengeditan, serta fungsi pengeditan gambar yang didukung AI seperti memotong bagian foto yang tidak diinginkan, kata Yu. Spesialnya, fungsi AI ini didukung oleh chip Kylin internal Huawei.

Ada pun Huawei Mate XT Ultimate memiliki kapasitas memori yang cukup besar, sehingga penggunanya tidak perlu khawatir macet saat digunakan. Ponsel ini didukung dengan RAM 16GB dan tersedia dalam tiga varian penyimpanan, 256GB, 512GB, dan 1TB.

Tak ketinggalan ponsel ini juga memiliki kamera yang berkualitas, terdiri dari kamera utama 50MP (f/1.4-4.0) + OIS), lensa ultra lebar 12MP (f/2.2), dan sensor kamera periscope 12MP.

Bagian kamera belakang mendukung 5,5x optical zoom dan 50x digital zoom. Di bagian depan, terdapat sensor selfie 8MP dengan beberapa mode pemotretan dan video.

Huawei Mate XT saat ini hadir dengan dua pilihan warna, yakni Ruihong (emas merah) dan hitam tua serta memiliki layar selebar 10,2 inci. Dengan ketebalan hanya 3,6 mm, Huawei mengatakan bahwa ponsel ini merupakan ponsel lipat tertipis di dunia.

Dengan ukuran ponsel yang cukup besar saat dibuka penuh, tentu saja Huawei Mate XT Ultimate akan memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, dengan kapasitas 5600 mAh dan kecepatan pengisian daya 66W.

Meski peluncuran Huawei Mate XT banyak menyita perhatian publik, analis memperkirakan ponsel lipat tiga ini lebih sebagai simbol kemampuan teknologi Huawei daripada sebagai pendorong utama penjualan, mengingat harga yang tinggi dan keterbatasan produksi.

Namun, dengan pangsa pasar 27,5% pada kuartal kedua, Huawei telah melampaui Samsung sebagai penjual ponsel lipat terbesar di dunia, dan memegang 42% pasar ponsel lipat di China.

Saat ini, ponsel Huawei Mate XT belum secara resmi rilis di Indonesia. Jika Anda berkeinginan untuk segera memiliki ponsel lipat, berikut beberapa tipe dan merk ponsel lain yang dapat menjadi alternatif pertimbangan.

Pertama, ada Samsung Galaxy Z Fold 6. Ponsel lipat dua terbaru keluaran brand asal Korea Selatan ini rilis resmi di Indonesia pada Juli 2024.

Ponsel ini juga sama-sama dilengkapi dengan fitur AI, bernama Galaxy AI. Dibandingkan dengan Huawei Mate XT, ponsel lipat dua ini memang memiliki layar yang lebih kecil yakni berukuran 6,3 inci.

Untuk kualitas kameranya, sudah mumpuni. Kamera depan terdapat kamera 4 MP under display pada layar utama dan kamera 10 MP pada layar cover.  Pada bagian belakang, terdapat pengaturan tiga kamera utama yang terdiri dari lensa utama 50 MP dengan aperture f/1.8, lensa telefoto 10 MP dengan zoom optik 3x, dan lensa ultra wide 12 MP. 

Perangkat ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 dengan RAM 12GB dan penyimpanan internal mulai dari 256GB hingga 1TB.

Saat ini harga Samsung Galaxy Z Fold 6 dibanderol mulai dari Rp26,4 jutaan.

Kedua, Anda bisa mempertimbangkan Xiaomi Mix Fold 4. Ponsel lipat dua yang resmi rilis pada Juli 2024 ini disebut-sebut sebagai salah satu pesaing berat Samsung Galaxy Z Fold 6.

Ponsel ini tersedia dalam beragam pilihan warna, mulai hitam putih, dan biru. Bahkan desainnya sangat ringan dan tipis. Saat dilipat, dimensinya hanya 159.37 x 73.1 mm saja.

Kapasitas penyimpanannya ada dua pilihan RAM bertipe LPDDR5X berkapasitas 12GB maupun 16GB. Kemudian, masih ada lagi pilihan kapasitas memori internal dengan tipe UFS 4.0 di antaranya 256GB, 512GB, hingga 1TB.

Anda bisa mendapatkan produk Xiaomi Mix Fold 4 dengan harga mulai Rp20 jutaan saja.

 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #spesifikasi #mate #ponsel #lipat #terbaru #huawei #raih #lebih #dari #juta #order #china #saingi #iphone #samsung

KOMENTAR