Waspada Penawaran iPhone 16 Palsu, Penjahat Siber Ambil Data Pribadi dan Susupi ke iCloud
iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. [Apple]
11:16
11 September 2024

Waspada Penawaran iPhone 16 Palsu, Penjahat Siber Ambil Data Pribadi dan Susupi ke iCloud

Saat Apple bersiap meluncurkan iPhone 16, para penjahat siber sudah memanfaatkan kehebohan itu dengan melakukan penipuan menargetkan para penggemar yang antusias.

Para peneliti Kaspersky telah menemukan bahwa penjahat siber memikat para pengguna dengan pra-pemesanan palsu, penawaran untuk pengguna awal, dan dukungan teknis palsu.

Semuanya dikemas dalam situs web yang meyakinkan dan bertujuan menyebabkan kerugian finansial dan kekecewaan.

iPhone 16 baru akan diluncurkan selama acara "Glowtime" pada Senin (9/9/2024).

Baca Juga: Mengenal Mode Game pada iPhone 16 Series, Dukung Ray Tracing

Jika tradisi tersebut terus berlanjut, perangkat tersebut diharapkan akan tersedia di toko-toko pada Jumat, 20 September mendatang.

Menjelang acara tersebut, para peneliti di Kaspersky telah menemukan aktivitas penipuan seputar peluncuran tersebut.

Ilustrasi Hacker (Pexels/Mikhail Nilov)Ilustrasi Hacker (Pexels/Mikhail Nilov)

Salah satu penipuan umum yang digunakan oleh para penjahat siber berupa penawaran awal kepada para pengguna untuk memesan iPhone terbaru dengan diskon hampir 40 persen.

Para korban diarahkan ke situs web yang memamerkan iPhone baru yang mengilap, dengan iming-iming untuk "menjadi salah satu orang pertama yang menikmati teknologi canggih".

Setelah mengeklik tautan tersebut, mereka diminta memberikan informasi penagihan dan pengiriman, dengan opsi untuk membayar melalui PayPal.

Baca Juga: 8 Meme iPhone 16 yang Viral di X, Desain Minim Perubahan Jadi Sorotan

Faktur palsu dibuat setelah mengeklik "tambahkan ke keranjang" atau "beli", dengan memperhitungkan pajak dan pengiriman, dan bahkan menawarkan "pengiriman gratis" untuk pesanan di atas 1.000 Dolar AS.

Setelah pembayaran dilakukan, para korban segera menyadari bahwa uang telah hilang dari akun mereka, tetapi tidak ada iPhone yang dikirim.

Parahnya lagi, para penipu kini memiliki informasi pribadi mereka, yang dapat dijual di dark web.

Penipuan lain yang ditemukan oleh para ahli Kaspersky adalah tawaran dukungan teknis iPhone yang memungkinkan mereka memperbarui perangkat seluler mereka.

Situs palsu tersebut, yang berbahasa Spanyol, yang mungkin ditujukan untuk pengguna Amerika Latin, juga mengklaim akan membawa mereka ke halaman tempat mereka dapat melaporkan kehilangan atau pencurian ponsel, danhalaman lain untuk membantu mereka menemukan perangkat mereka.

Terakhir, di bagian bawah, korban juga diberi pilihan untuk menghubungi layanan perbaikan. Sebagai gantinya, halaman tersebut hanya meminta Anda untuk masuk dengan ID Apple (halaman yang anehnya berbahasa Inggris).

Pengguna iPhone memahami bahwa jika seseorang telah mendapatkan ID Apple kamu, pada dasarnya mereka memegang kunci kerajaan digital kamu.

Ilustrasi iCloud. [Shutterstock]Ilustrasi iCloud. [Shutterstock]

Penjahat dasar dapat mengakses detail pribadi seperti nama, alamat email, dan lainnya dan menjualnya di dark web.

Mereka juga dapat menyusup ke akun iCloud, mendapatkan akses ke foto, dokumen, dan cadangan perangkat.

Hal lebih mengkhawatirkan, mereka dapat melakukan pembelian tidak sah menggunakan ID, melihat saldo akun, dan mengambil uang dari Apple Wallet Anda.

Paling terburuk dari semuanya, perangkat kamu dapat dikunci dan ditahan untuk tebusan.

“Saat melakukan pembelian baru, tetaplah menggunakan saluran resmi, bersikap skeptis terhadap penawaran yang tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, dan selalu verifikasi URL sebelum membagikan informasi pribadi apa pun," jelas Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #waspada #penawaran #iphone #palsu #penjahat #siber #ambil #data #pribadi #susupi #icloud

KOMENTAR