Google Kenalkan Fitur AI di Android Auto, Ternyata Buat Ini Fungsinya
Tombol khusus dalam setelan Android Auto untuk mengaktifkan dan menonaktifkan ringkasan pesan (9to5Google)
09:52
22 Januari 2024

Google Kenalkan Fitur AI di Android Auto, Ternyata Buat Ini Fungsinya

      - Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah ada selama beberapa waktu, namun keadaan berubah dengan diperkenalkannya ChatGPT oleh OpenAI tahun lalu. Google, meski dianggap oleh sebagian orang terlambat, dengan cepat menggunakan AI dan mengintegrasikannya ke dalam berbagai produknya.  

  Google telah menyebarkan fungsi AI di berbagai produknya, termasuk Workspace dan Search. Google kini tampaknya ingin menghadirkan beberapa keajaiban AI-nya ke Android Auto, khususnya untuk meringkas pesan panjang.   Dilansir dari Android Police, detail yang ditemukan dalam kode aplikasi Google versi 14.52 (beta) oleh orang-orang di 9to5Google menunjukkan bahwa ada rencana kecerdasan buatan untuk membuat ringkasan singkat dari “percakapan sibuk”. Sesuai namanya, penambahan ini akan berfungsi bersamaan dengan fitur saat ini yang memungkinkan pesan dibacakan menggunakan mode mengemudi Asisten Google, alih-alih menggantikannya.   Setelah fitur ini diimplementasikan, pengguna akan mendapatkan beberapa hal. Asisten kini dapat meringkas pesan pengguna. Ringkasan ini akan dihasilkan oleh kecerdasan buatan, sehingga mungkin saja terdapat kesalahan.    Pengguna juga dapat menonaktifkannya kapan saja di Setelan Android Auto. Apakah Anda ingin melanjutkan dan meminta asisten merangkum percakapan sibuk, fitur AI juga memungkinkan hal tersebut.    "Asisten kini dapat meringkas pesan Anda. Ringkasan ini akan dihasilkan oleh kecerdasan buatan, sehingga mungkin saja terdapat kesalahan. Anda dapat menonaktifkannya kapan saja di Setelan Android Auto. Apakah Anda ingin melanjutkan dan meminta asisten merangkum percakapan sibuk Anda?" demikian bunyi deskripsi fitur tersebut.    Fitur AI sudah hadir dalam pengalaman perpesanan Android, seperti yang terlihat pada fungsi seperti Magic Compose di Google Messages. Namun, integrasi baru ini mewakili pendekatan unik dan mungkin menimbulkan reaksi beragam dari pengguna.    Mengingat kemajuan dalam kemampuan AI yang dibuat oleh perusahaan tahun ini, cukup jelas bahwa tahun 2024 akan menjadi tahun yang sangat aktif bagi raksasa pencarian tersebut. Khususnya untuk teknologi AI.   Google saat ini menyelenggarakan beberapa proyek AI yang menarik, termasuk Bantu Saya Memvisualisasikan di Slide, elemen penyusun AI, atau Bantu Saya Menulis di Google Dokumen. Selain itu, ada kemampuan untuk menghasilkan berbagai latar belakang untuk panggilan Google Meet.   

  Tambahan terbaru pada jajaran AI Google adalah model Gemini, yang ditampilkan dalam trim Nano Pixel 8 Pro. Model ini mendukung tugas-tugas seperti Balasan Cerdas di Gboard dan fungsi Ringkas dalam aplikasi perekam.  (*)  

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #google #kenalkan #fitur #android #auto #ternyata #buat #fungsinya

KOMENTAR