Bocoran Harga Iphone 16, Termahal Seri Pro Max Sekitar Rp18,5 Juta
Ilustrasi. Seri iPhone 16 versi paling standar akan dibanderol mulai 799 dolar AS atau setara Rp 12,3 jutaan (kurs Rp 15.458). 
23:12
9 September 2024

Bocoran Harga Iphone 16, Termahal Seri Pro Max Sekitar Rp18,5 Juta

Bocoran harga gawai Apple anyar, iPhone 16 mulai berseliweran di sejumlah sosial media menjelang tanggal perilisannya.

Produk terbaru dari Apple diprediksi meluncur pada, Senin (9/9/2024) di Cupertino, Amerika Serikat (AS) atau pukul Selasa (10/9/2024) dini hari.

Mengutip dari Economic Times, seri iPhone 16 versi paling standar akan dibanderol mulai 799 dolar AS atau setara Rp 12,3 jutaan (kurs Rp 15.458).

Sementara seri iPhone 16 Plus dijual mulai 899 dolar AS atau Rp 13,8 jutaan.

Untuk iPhone 16 Pro dilaporkan bakal dipasarkan dengan harga 1.099 dolar AS atau Rp 16,5 jutaan dan terakhir iPhone 16 Pro Max seri yang paling mewah dibanderol 1.199 dolar AS atau Rp 18,5 jutaan, naik sekitar 1,5 juta bila dibandingkan dengan seri pendahulunya.

Adapun lonjakan harga ini terjadi lantaran iPhone 16 memiliki spesifikasi dan berbagai fitur canggih yang tidak disematkan Apple di ponsel lawasnya. Terlebih iPhone 16 kabarnya bakal meluncur dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) unggulan.

Melansir dari Macrumors, berikut daftar fitur AI yang akan disematkan Apple kedalam gawai iPhone 16.

Dengan fitur baru pada iOS 18 ini, nantinya aplikasi siri yang ada pada iPhone 16 bisa menjawab pertanyaan kompleks dari aplikasi Messages, serta melengkapi kalimat secara otomatis dengan lebih efektif.

Tak hanya itu fitur AI juga akan disertakan pula untuk meringkas dokumen dan menerjemahkan konten. Apple juga dikabarkan akan menggunakan model LLM atau Large Language Model miliknya sendiri untuk merombak Siri, asisten digital mereka yang biasa hadir di iPhone.

Uniknya, iPhone 16 diprediksi memiliki fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang serupa dengan apa yang dilakukan Google dan Samsung yakni bisa mengubah teks-ke-gambar.

Bocoran lainnya menyebut bahwa Seri iPhone 16 dapat membantu pengguna memerintahkan siri untuk membuat playlist khusus dalam aplikasi Apple Music, mirip dengan yang telah dilakukan oleh Spotify.

Tak Pakai Desain Boba

Berbeda dari gawai Apple sebelumnya, ponsel canggih ini menyematkan kamera belakang yang menonjol seperti iPhone 15. Dalam unggahan laman Tom's Guide, kamera iPhone 16 tampak tersusun secara vertikal dan tidak memiliki kamera boba yang menonjol seperti gawai iPhone 14 dan iPhone 15.

Justru konfigurasi kamera iPhone 16 dibuat mirip seperti pola desain kamera belakang iPhone 11. Banyak analis memprediksi bahwa desain baru ini sengaja dimaksudkan agar gawai anyar besutan Apple bisa menyematkan kamera ultra wide beresolusi 12 MP. serta fitur zoom optik dengan perbesaran.

Kendati tak memakai desain boba, namun kamera iPhone 16 akan hadir dengan kemampuan merekam video 4K hingga 120 fps.

Kecepatan tersebut dua kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan kemampuan milik iPhone 15 Pro, terbatas pada kecepatan 60fps. Menggandakan frame rate memungkinkan efek slow motion hingga 4x, saat merekam dengan resolusi tertinggi yang mendukung kamera.

Menurut laporan yang beredar, Apple juga bereksperimen dengan kemampuan perekaman video 8K pada iPhone 16 Pro. Apple dilaporkan menambahkan kemampuan merekam video 8K, memungkinkan Apple mengejar ketertinggalannya dari Samsung Galaxy S24 Ultra yang telah didukung fitur tersebut.

Bisa Mengisi Daya Cepat

Forbes melaporkan, iPhone 16 akan hadir dengan pengisian daya lebih cepat. Kemampuan daya ini memungkinkan pengguna mengisi baterai dari kosong hingga 50 persen sekitar 30 menit.

Pengisian juga akan jauh lebih cepat, karena iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max mendukung kecepatan pengisian daya kabel 40W. Lebih unggul ketimbang seri iPhone 15 yang hanya mendukung kecepatan pengisian daya kabel hingga 27 watt.

Layar dan Penyimpanan Jumbo

Ukuran layar iPhone 16 juga digadang-gadang lebih besar dengan mengadopsi teknologi layar inovatif, yang menghasilkan bezel atau bingkai lebih tipis.

Perubahan lainnya yang mencolok pada iPhone 16 yakni terletak pada desain layar, iPhone 16 dilaporkan memiliki layar 6,3 inci sedangkan iPhone 16 Pro Max akan menyematkan layar 6,9 inci dengan refresh 60Hz.

Peningkatan ini kabarnya sengaja dilakukan Apple agar menciptakan lebih banyak ruang internal untuk perangkat keras seperti teknologi kamera dan baterai yang lebih besar.

Selain itu gebrakan ini juga bisa membuat Apple lebih bersaing dengan kompetitor utamanya seperti Samsung yang telah lebih dulu merilis gawai dengan layar jumbo.

Untuk memanjakan penggunanya model iPhone 16 standar disebut-sebut memiliki RAM 8GB, naik dibandingkan iPhone 15 6GB.

Editor: Seno Tri Sulistiyono

Tag:  #bocoran #harga #iphone #termahal #seri #sekitar #rp185 #juta

KOMENTAR