Identik dengan Arogan dan Penguasa Jalanan, Ternyata Toyota Fortuner Punya 5 Kekurangan yang Bikin Rivalnya Terasa Lebih Baik
Penampakan New Toyota Fortuner 2024. (Istimewa)
07:56
9 September 2024

Identik dengan Arogan dan Penguasa Jalanan, Ternyata Toyota Fortuner Punya 5 Kekurangan yang Bikin Rivalnya Terasa Lebih Baik

– Toyota Astra Motor (TAM) pekan lalu baru saja memperkenalkan New Toyota Fortuner 2024. Model baru yang diperkenalkan ini membawa update minor pada sisi eksterior, interior dan fitur.

New Toyota Fortuner yang sekarang punya pilihan dengan fitur Toyota Safety Sense atau TSS. Selain itu, ada juga pilihan 4x4 yang memiliki kapabilitas untuk jalan di Medan off-road.

Toyota Fortuner sendiri sudah punya basis penggemar yang bisa dibilang lumayan "die hard". Mobil ini juga melekat dengan citra negatif sebagai mobil arogan, sering ugal-ugalan di jalan, memasang lampu strobo dan sirine padahal warga sipil dan banyak lagi.

Kendati demikian, ternyata Toyota Fortuner ini nggak sesempurna itu. Mobil ini punya cukup banyak keluhan dan kekurangan.

Dirangkum dari berbagai sumber dan forum diskusi grup komunitas Toyota Fortuner, berikut 5 kekurangan Toyota Fortuner yang wajib diketahui.

 

Kabin Sempit 

Kendati badannya lumayan bongsor dan masuk ke kategori SUV medium, Toyota Fortuner punya keluhan sebagai mobil dengan kabin atau interior sempit. Meski terlihat gede diluar, di dalam mobil Toyota Fortuner ini ternyata nggak selega itu.

Alasan yang bikin Toyota Fortuner ini terasa sempit adalah karena mobil ini masih menggunakan konsep ladder frame.

Sasis dan bodi yang terpisah membuat area kabin jadi ditinggikan dan membuat kesan sempit. Beda dengan sasis monokok yang mana bodi dan sasis jadi satu sehingga bisa lebih lega.

Fitur Biasa Saja

Kekurangan selanjutnya dari Toyota Fortuner ini sebelum mendapat pembaruan melalui model facelift yang sekarang punya fitur TSS, Toyota Fortuner dikenal sebagai mobil dengan fitur biasa saja. Nggak ada yang begitu canggih dan menarik.

Bahkan pada model sebelumnya, dibandingkan dengan Toyota Raize dan Toyota Veloz saja masih lebih baik kedua mobil tersebut jika dibandingkan dengan Toyota Fortuner. Selain kesan garang yang mendukung gaya berkendara ala penguasa jalanan, mobil tersebut fiturnya biasa saja.

Interior Juga Biasa Saja

Kekurangan ketiga ada juga pada interior. Mobil Toyota Fortuner dengan harga paling murah tembus setengah miliar, interiornya biasa saja. Sungguh. Nggak ada yang menarik dari interior Toyota Fortuner ini sebelum mendapatkan pembaruan di model 2024.

Layaknya mobil bapak-bapak boomer biasa, interior Toyota Fortuner ya gitu saja, pakai material plastik keras murahan dan look yang datar saja.

Nggak ada yang istimewa dan menonjol dengan balutan material berkelas misalnya seperti pada jok atau doortrim, ya mirip seperti mobil murah biasa saja.

Terkenal Limbung

Kekurangan Toyota Fortuner yang paling banyak dikeluhkan adalah suspensi dan handling mobil Toyota Fortuner yang terkenal limbung. Suspensi yang digunakan pada Toyota Fortuner dikeluhkan tidak sepenuhnya dioptimalkan untuk memberikan respons yang tajam dan stabil saat bermanuver.

Inilah yang membuat mobil jadi limbung atau nggak stabil saat berbelok atau saat berakselerasi tiba-tiba. HAL ini diamini sendiri oleh Toyota dengan model baru, dipakai setting suspensi baru untuk mengurangi keluhan tersebut.

Jok Baris Kedua dan Ketiga Sempit

Keluhan terakhir mirip dengan poin pertama. Kabin sempit. Hanya yang terakhir ini dirasakan sendiri oleh penumpang. Pada Toyota Fortuner, baris kedua dan ketiga terasa sempit. Mirip naik sedan kecil.

Itulah 5 kekurangan Toyota Fortuner. Jika ingin meminang unit bekasnya, 5 kekurangan tadi mungkin bisa jadi pertimbangan. Jika ada pilihan lain, tampaknya rival Toyota Fortuner yakni Mitsubishi Pajero Sport atau Isuzu MU-X masih lebih baik.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #identik #dengan #arogan #penguasa #jalanan #ternyata #toyota #fortuner #punya #kekurangan #yang #bikin #rivalnya #terasa #lebih #baik

KOMENTAR