Dirilis Sebentar Lagi, Ini yang Harus Diketahui Tentang iPhone 16 dan iPhone 16 Plus
Ilustrasi iPhone. [Pixabay]
16:32
7 September 2024

Dirilis Sebentar Lagi, Ini yang Harus Diketahui Tentang iPhone 16 dan iPhone 16 Plus

Apple akan memperkenalkan seri iPhone 16 dalam sebuah acara yang dijuluki "It's Glowtime" pada 9 September pukul 5 sore UTC atau pada 10 September pukul 12 dini hari.

Apple Intelligence dilaporkan tertunda dan tidak akan tersedia pada hari peluncuran. Sebaliknya, pembaruan tersebut akan tiba pada Oktober. Namun, penundaan ini tidak akan memengaruhi peluncuran iPhone 16.

Dilansir dari GSM Arena pada Sabtu (7/9/2024), tidak ada evolusi signifikan dalam desain iPhone standar sejak iPhone 11. Tampilan keseluruhan untuk seri iPhone 16 akan tetap sama, tetapi beberapa gambar dummy yang beredar memperlihatkan sejumlah perubahan.

Pulau kamera persegi panjang akan dipadatkan secara horizontal, menyelaraskan kedua kamera secara vertikal. Ini juga memindahkan lampu kilat LED dari island ke bagian belakang.

Baca Juga: Galau Mau Ganti ke iPhone 16? Ini yang Harus Kamu Tahu Sebelum Beli

Dummy iPhone 16. [GSMArena]Dummy iPhone 16. [GSMArena]

Foto dummy juga memperlihatkan warna yang tersedia untuk iPhone 16. Selain itu, tombol Action dan Capture yang akan memicu tindakan khusus dan akan berfungsi sebagai tombol rana kamera juga terlihat.

Perihal layer, iPhone 16 akan memiliki layar 6,1 inci dan iPhone 16 Plus akan lebih besar yaitu 6,7 inci. Namun, keduanya akan lebih kecil dari varian Pro masing-masing, yang akan memiliki diagonal 6,3 inci dan 6,9 inci. Mengingat bezel akan lebih tipis, pengguna dapat mengharapkan dimensi yang sedikit lebih kecil pada model standar dan Plus.

Tombol Capture dan Action di dummy iPhone 16. [GSMArena]Tombol Capture dan Action di dummy iPhone 16. [GSMArena]

Keempat model akan menggunakan lubang Dynamic Island yang lebar di layar. Selain itu, tidak akan ada ProMotion. Sayangnya, layar iPhone 16 dan 16 Plus akan berjalan pada 60Hz.

Model standar dan Plus diprediksi akan menggunakan RAM 8GB, sementara penerusnya tahun depan kemungkinan mendapat peningkatan hingga 12GB.

iPhone 16 dan 16 Plus akan memiliki dua kamera. Rumor menunjukkan bahwa kedua ponsel akan menggunakan kamera utama 48MP yang sama persis seperti pada pendahulunya seri 15.

Baca Juga: iPhone 16 Pro: Kamera 48MP dan Warna 'Coffee' Jadi Andalan

Mengenai kamera ultra lebar, sebagian besar akan sama kecuali untuk lensa yang ditingkatkan, di mana kamera akan memiliki aperture f/2.2 yang lebih cerah untuk meningkatkan kinerja cahaya rendah.

Selain itu, beredar rumor lainnya bahwa Apple akan membawa dukungan JPEG XL di aplikasi kamera sebagai alternatif HEIC.

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #dirilis #sebentar #lagi #yang #harus #diketahui #tentang #iphone #iphone #plus

KOMENTAR