Erik ten Hag Bongkar Alasan Manchester United Hobi Beli Pemain Eks Ajax
Manajer Manchester United, Erik ten Hag. [O Scarff / AFP]
15:30
16 Agustus 2024

Erik ten Hag Bongkar Alasan Manchester United Hobi Beli Pemain Eks Ajax

Manajer Manchester United, Erik ten Hag membongkar alasan klubnya belakangan hobi membeli para pemain atau mantan pemain Ajax Amsterdam. Dia menegaskan keputusan itu merupakan kebijakan klub alih-alih dirinya sendiri.

Pelatih asal Belanda itu menyebut tidak meminta secara khusus untuk merekrut para pemain yang pernah bekerjasama dengannya, terkhusus di Ajax.

Matthijs de Ligt dan Noussair Mazraoui menjadi pemain terbaru eks Ajax yang bergabung dengan Manchester United. Keduanya diboyong ke Old Trafford setelah direkrut dari Bayern Munich minggu ini.

Sebelumnya, United juga telah mendatangkan Lisandro Martínez, Antony, dan André Onana—semuanya juga mantan pemain Ajax—sejak Ten Hag ditunjuk sebagai manajer.

Baca Juga: Detik-detik Menutup Transfer Window, PSIS Semarang Boyong Eks Manchester United

Namun, Ten Hag menekankan bahwa dia bukan satu-satunya yang menentukan target transfer. Dia menjelaskan bahwa setiap kesepakatan pemain telah melalui persetujuan tim rekrutmen.

"Pertama-tama, ini adalah keputusan klub, tidak ada yang sepenuhnya merupakan keputusan saya," kata Ten Hag dikutip dari ESPN, Jumat (16/8/2024).

"Keputusan ini selalu didukung atau bahkan diusulkan oleh tim scouting, rekrutmen, direktur teknik, dan direktur olahraga."

Bek baru Manchester United, Matthijs de Ligt. [Dok. Manchester United]Bek baru Manchester United, Matthijs de Ligt. [Dok. Manchester United]

Ten Hag juga menyatakan bahwa keputusan ini tidak hanya berdasarkan keinginannya, tetapi juga mempertimbangkan kecocokan pemain dengan kondisi finansial klub.

Matthijs de Ligt bergabung dengan United dengan nilai transfer awal sebesar £38,5 juta setelah menjalani karier yang tidak stabil di Juventus dan Bayern Munich.

Baca Juga: Nyelekit! Eks Pelatih Ajax Amsterdam Kritik Tajam Lapangan Jelek Stadion Soepriadi saat Dewa United vs Arema FC

Meskipun De Ligt juga kesulitan masuk ke dalam tim nasional Belanda di Euro 2024, Ten Hag tetap yakin bahwa De Ligt adalah salah satu bek tengah terbaik di dunia.

"Dia memiliki potensi yang fantastis," ujar Ten Hag. "Matthijs akan berusia 25 tahun minggu ini dan dia sudah mencatat hampir 375 pertandingan untuk Ajax, Juventus, dan Bayern Munich. Itu luar biasa."

Bek baru Manchester United, Noussair Mazraoui. [Dok. Manchester United]Bek baru Manchester United, Noussair Mazraoui. [Dok. Manchester United]

"Dia kini sedang memasuki masa-masa terbaiknya sebagai pemain. Dia memiliki keterampilan yang hebat sebagai pemain sepak bola, dan juga karakter serta kepribadian yang kuat. Saya sangat senang dia ada di sini."

De Ligt diperkirakan akan masuk dalam skuad United untuk pertandingan pembuka Premier League melawan Fulham pada Sabtu (17/8/2024).

Ten Hag optimis menyambut musim baru, terutama karena adanya "keyakinan" di ruang ganti.

"Apa yang bisa saya katakan adalah ada semangat juang yang baik di sini, ada semangat yang baik, kami merasa memiliki pemain-pemain yang berkualitas dan skuad yang kuat," ujar Ten Hag.

"Itu memperkuat keyakinan, dan itu penting dalam sepak bola tingkat atas dan performa untuk memiliki hal ini."

"Bahkan ketika hasil tidak sesuai harapan, Anda harus tetap tangguh dan percaya bahwa Anda memiliki pemain yang baik dan telah membentuk tim yang solid."

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #erik #bongkar #alasan #manchester #united #hobi #beli #pemain #ajax

KOMENTAR