20 Tim Siap Bersaing di Final Regional Jawa Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2024
Pertandingan basket di Mandiri 3X3 Tournament Indonesia. 
17:20
15 Agustus 2024

20 Tim Siap Bersaing di Final Regional Jawa Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2024

- 'Play In' (para tim yang lolos dari penyisihan grup) Jawa Timur melengkapi 20 tim yang akan tampil di Final Regional Jawa Mandiri 3X3 Tournament Indonesia.

Hasil ini didapatkan setelah Jawa Timur mengirimkan lima tim terbaik di masing-masing kategori di GOR UNESA Surabaya, Minggu (11/8/2024).

Kategori KU12 Mix ada The Dreamers. Kemudian tim terbaik dari KU15 Putra adalah Lighting. Lalu untuk KU18 Putra yang menjadi tim terbaik adalah Perbaspa.

Selanjutnya Tim PON Jawa Timur menjadi yang terbaik di KU23 Putri. Adapun untuk KU23 Putra, Weathers keluar sebagai wakil di Final Regional Jawa.

Mereka akan bergabung dengan 15 tim yang lolos di tiga Play In sebelumnya. Masing-masing dari Play In Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

“Ini jelas menjadi sinyal baik untuk dunia basket 3X3 nasional. Semakin banyak pihak-pihak yang memutar kejuaraan 3X3 akan sangat membantu para pemain muda mengembangkan bakatnya. Mandiri 3X3 Tournament Indonesia ini menjadi salah satu contoh mendorong para pemain muda menunjukkan kemampuannya,” ungkap Wakil Ketua Umum PP PERBASI Bidang 3X3 dan Mini Basketball, Jamin.

Mandiri 3X3 Tournament Indonesia merupakan ajang kompetisi bagi pemain muda yang diselenggarakan PT Supersport Sensation (SSS) International bekerja sama dengan PP PERBASI dan didukung Bank Mandiri Tbk.

Selain berlangsung di Jawa, kegiatan ini juga telah mendapatkan juara sejati di Regional Sulawesi yang dilaksanakan di Makassar dan Regional Sumatera dengan Medan sebagai tempat pelaksanaan.

Direktur Utama PT SSS International Azwan Karim, mengaku senang dengan berlangsungnya ajang tersebut.

“Syukur alhamdulillah, pelaksanaan Play In Regional Jawa berlangsung dengan aman dan lancar. Dengan selesainya Play In Jawa Timur maka 20 tim terbaik sudah kita dapatkan," papar Azwan Karim.

"Mereka akan memperebutkan jadi yang terbaik di Regional Jawa pada 17 Agustus 2024. Pertandingan nanti dipastikan menarik karena sajikan pertarungan para juara untuk dapatkan jawara sejati,” sambungnya.

Azwan menambahkan, untuk Play In Jabodetabek, telah berlangsung di The Forum Sports Hub Bintaro pada 3 Agustus 2024. Kemudian dari Play In di Jawa Barat berlangsung di Elite Arena Bandung.

Lalu Play In Jawa Tengah di GOR SMA Warga pada 10 Agustus 2024. Dalam pelaksanaannya, telah sukses menyelesaikan kualifikasi untuk mengirimkan tim terbaik dari lima kategori untuk tampil di Final Regional Jawa.

Untuk Play In Jabodetabek, Kategori KU23 Putri mengirimkan JKT Can. Kemudian di KU23 Putra meloloskan BLHeadshoes. Selanjutnya dari KU18 Putra mengirimkan Gorillaz A ke final Regional Jawa.

Lalu dari KU15 Putra ada Harsh. Adapun dari KU12 Mix yang lolos ke final Regional Jawa adalah The Bees.

Kemudian dari Play In di Jawa Barat yang berlangsung di Elite Arena Bandung mengirimkan lima tim terbaik seperti Bima Sakti dari KU12 Mix. Kemudian Burung Petarung yang mewakili dari kategori KU15 Putra.

Lalu Labroony mewakili kategori KU18 Putra. Selanjutnya Deru Aspal lolos ke Final Regional Jawa untuk KU23 Putri dan dari KU23 Putra diwakili Berns Basketball 3.

Adapun persaingan dari Play In Jawa Tengah yang berlangsung di GOR SMA Warga menghasilkan Fantastic 4 yang wakili KU12 Mix, lalu KU15 Putra diwakili GMC Cirebon.

Selanjutnya KU18 Putra mengirimkan Bintang Muda Solo. Kemudian KU23 Putri meloloskan
USM A, dan dari KU23 Putra mengirimkan USM B.

Penanggung Jawab Mandiri 3X3 Indonesia Tournament, Chaerul Anwar Azis, mengatakan jika dibandingkan pada ajang tahun sebelumnya, pelaksanaan tahun ini memberikan menit main yang lebih banyak kepada para peserta.

Untuk mendapatkan tiket final Regional Final, setiap tim memainkan minimal empat pertandingan.

Dengan bertanding empat kali tanpa kekalahan, mereka akan mewakili kategorinya untuk tampil di Final Regional.

Kemudian untuk menjadi juara di Final Regional Jawa, setiap tim memainkan empat pertandingan lagi. Jangan lupa, empat pertandingan tanpa kekalahan juga.

“Ketatnya persaingan ini akan tersaji di kategori KU23. Mereka harus menang sampai akhir untuk menjaga kans juara di Final Regional Jawa ini,” ungkap Chaerul Anwar Azis.

“Tentu ini akan menjadi modal tersendiri bagi setiap pemain menambah jam terbang di Basket 3X3,” lanjutnya.

Chaerul Anwar Azis menegaskan bahwa format yang dibuat SSS International ini akan selalu memacu para peserta untuk menang.

“Sejak pertandingan pertama para atlet dituntut harus mengeluarkan kemampuan terbaik jika ingin menjadi juara. Ini karena hanya tim juara di masing-masing kategori yang akan lolos ke fase berikutnya. Begitu juga di Final Regional Jawa, hanya tim yang terbaik yang akan keluar jadi pemenang di kategorinya,” kata Chaerul Anwar Azis.

“Tahun ini, inovasi yang kita buat memang benar-benar untuk mencari juara sejati dari ajang ini. Merawat dan menguatkan mental juara di masing-masing pemain sebagai modal ke jenjang berikutnya,” imbuhnya.

Pria yang akrab disapa Buyo itu pun mengatakan, untuk menambah semangat dan konsentrasi pemain tampil di Final Regional Jawa yang akan berlangsung di Citos Cilandak, Jakarta Selatan,17 Agustus mendatang, setiap pemenang di Play in untuk Regional Jawa akan mendapatkan subsidi.

Setiap tim yang lolos di Final Regional Jawa akan mendapatkan fasilitas uang transport dan akomodasi selama pelaksanaan Final Regional Jawa.

“Final Regional Jawa akan berlangsung di Citos Cilandak, Jakarta Selatan. Bagi peserta dari luar Jakarta mendapatkan subsidi uang transport dan akomodasi selama mengikuti Final Regional Jawa. Besarannya menyesuaikan asal daerah masing-masing,” jelas Buyo.

Pemberian fasilitas transportasi dan akomodasi ini merupakan modifikasi dari pelaksanaan tahun sebelumnya. Pada edisi sebelumnya, akomodasi dan transportasi ditetapkan oleh penyelenggara.

Sementara para peserta tinggal menempati dan memanfaatkannya sebagai pendukung pelaksanaan acara.

“Untuk tahun ini, kami bebaskan masing-masing tim memilih tempat menginap dan menentukan perjalanan sendiri untuk tampil di Final Regional Jawa. Ini agar mereka bisa lebih nyaman dengan program mereka masing-masing dan maksimal di final Regional Jawa nanti,” pungkas Chaerul Anwar Azis.

WAKIL PLAY IN JABODETABEK

KU23 Putri - JKT Can

KU23 Putra - BLHeadshoes

KU18 Putra - Gorillaz A

KU15 Putra - Harsh

KU12 Mix - The Bees

WAKIL PLAY IN JAWA BARAT

KU12 Mix - Bima Sakti

KU15 Putra - Burung Petarung

KU18 Putra - Labroony

KU23 Putri - Deru Aspal

KU23 Putra - Berns Basketball 3

WAKIL PLAY IN JAWA TENGAH

KU12 Mix - Fantastic 4

KU15 Putra - GMC Cirebon

KU18 Putra - Bintang Muda Solo

KU23 Putri - USM A

KU23 Putra - USM B

WAKIL PLAY IN JAWA TIMUR

KU12 Mix - The Dreamers

KU15 Putra - Lighting

KU18 Putra - Perbaspa

KU23 Putri - Tim PON Jawa Timur

KU23 Putra - Weathers

Editor: Hasiolan Eko P Gultom

Tag:  #siap #bersaing #final #regional #jawa #mandiri #indonesia #tournament #2024

KOMENTAR