Thom Haye vs Darryl Lachman, Siapa Lagi Jago?
Kolase foto pemain Timnas Indonesia Thom Haye dengan rekrutan anyar Persebaya Darryl Lachman [Tangkap layar X/Antara]
07:48
15 Agustus 2024

Thom Haye vs Darryl Lachman, Siapa Lagi Jago?

Darryl Lachman mantan rekan satu tim Thom Haye di Willem II pada tahun 2016-2018, bergabung dengan klub Liga 1 Persebaya Surabaya.

Saat ini Bajul Ijo masih dalam tahap proses mengesahkan Lachman ke PSSI dan PT LIB sebagai operator kompetisi. Namun, tidak dijelaskan durasi kontrak sang pemain.

Darryl Lachman memiliki rekam jejak lama di Liga Belanda. Berbagai klub telah diperkuat, seperti FC Groningen, PEC Zwolle, Twente FC, SC Cambuur, hinggga Willem II.

Nah, saat membela Willem II, dirinya satu tim dengan Thom Haye. Ia tampil sebanyak 70 laga dengan sumbangan satu gol dalam dua musim.

Baca Juga: Petinggi Klub Belgia Ungkap Alasan Batal Rekrut Thom Haye

Thom Haye Saat Masih Membela Klub NAC Breda.(Instagram/com/@thomhaye)Thom Haye Saat Masih Membela Klub NAC Breda.(Instagram/com/@thomhaye)

Sementara Thom Haye juga menjadi andalan dengan total penampilan 71 pertandingan. Pemain Timnas Indonesia itu mencetak lima gol dan empat assist.

Lachman sendiri merupakan pemain produk dari akademi Ajax Amsterdam dan FC Groningen. Ia memulai debut profesionalnya di tim utama Groningen pada Desember 2009.

Berposisi sebagai bek tengah, Darryl Lachman memang lebih banyak bermain di klub-klub Belanda. Tapi ia pernah merantau ke Inggris untuk membela Sheffield Wednesday dan bermain di klub Israel, Hapoel Ra’anana.

Sebelum bergabung dengan Persebaya, Lachman bermain di Liga Australia bersama Perth Glory.

Statistik Klub

Baca Juga: Sejarah! Gol Sundulan Maut Mees Hilgers di Liga Champions: Layak Bela Timnas Indonesia

Sejauh perjalanan karir profesionalnya, Lachman mencatatkan total 374 penampilan dengan torehan 7 gol dan 3 assist.

Sebagai pemain belakang, Lachman cukup bersih karena cuma pernah dua kali mendapat kartu merah langsung dan 36 kali diganjar kartu kuning.

Statistik di Tim Nasional

Lahir dan besar di Belanda, Darryl Lachman mencatatkan dua kali penampilan buat Timnas Belanda U-20 sebelum memutuskan membela Curacao di level senior.

Bek Perth Glory asal Curacao Darryl Lachman berebut bola dengan pemain lawan di Liga Australia. [AFP]Bek Perth Glory asal Curacao Darryl Lachman berebut bola dengan pemain lawan di Liga Australia. [AFP]

Ia melakoni debut buat Timnas Curacao pada Maret 2015 dan mencatatkan 33 penampilan dengan satu gol sampai akhirnya tidak pernah dipanggil lagi per pertengahan 2021.

Prestasi

Sepanjang berkarir sejauh ini, Darryl Lachman sukses meraih satu gelar Eerste Divisie (Liga 2 Belanda) dan KNVB Cup bersama PEC Zwolle.

Bersama Timnas Curacao Darryl Lachman mempersembahkan satu gelar Caribbean Cup 2017 dan King’s Cup 2019.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #thom #haye #darryl #lachman #siapa #lagi #jago

KOMENTAR