Dua Kiper Muda Eropa yang Layak Bela Timnas Indonesia: Ada Kiper Jawa di Liga Jerman
Robin Soeradhiningrat sekarang bermain untuk klub kasta keenam Liga Jerman, TSV Pattensen. [Instagram]
14:18
12 Agustus 2024

Dua Kiper Muda Eropa yang Layak Bela Timnas Indonesia: Ada Kiper Jawa di Liga Jerman

Nama kiper muda keturunan Indonesia, Aidan Bonvanie tengah jadi sorotan publik sepak bola nasional. Aidan dikabarkan dipanggil oleh pelatih Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto.

Kabar Aidan bakal diproyeksi untuk bisa membela Timnas Indonesia U-17 di babak Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Apalagi jika melihat dari posturnya, Aidan cukup ideal sebagai seorang penjaga gawang. Ia memiliki tinggi 1,85 meter walau usianya masih 15 tahun.

Statistiknya pun sangat apik menurut Nusantara Ballers. Musim lalu, ia berhasil mencatatkan 14 nirbobol dari total 24 pertandingan.

Baca Juga: Jay Idzes Cetak Gol, Reaksi Pelatih dan Pemain Venezia Bikin Geram

Selain Aidan yang saat ini bermain di klub Belanda bernama AVV Zeeburgia U-17. Ada juga dua kiper muda keturunan Indonesia lain yang saat ini meniti karier di Eropa, siapa saja mereka? Berikut ulasannya

Tobias Schwarz

Pertama ada kiper Swiss bernama Tobias Schwarz. Ia masih berusia 19 tahun, kelahiran Miinstelingen, Swiss pada 2 Januari 2007. Konon Tobias memiliki darah Indonesia.

Data dari Transfermarkt menyebut bahwa Tobias selain memiliki warga negara Swiss tapi juga Indonesia. Saat ini, Tobias tercatat bermain untuk tim U-19 St Gallen.

Tobias merupakan pemain binaan dari akademi klub ini. Ia sudah bergabung sejak 2022. Soal skill, sebagai kiper muda, Tobias terbilang cukup mumpuni.

Baca Juga: Diakui atau Tidak, Para Pemain yang Mentas di Liga 1 Indonesia Memang Overprice

Jika PSSI memiliki rencana di masa depan, layak untuk sejumlah pemain muda berdarah Indonesia dipantau, salah satunya ialah kiper Swiss bernama Tobias Schwarz. [Instagram @indobloodtalent]Jika PSSI memiliki rencana di masa depan, layak untuk sejumlah pemain muda berdarah Indonesia dipantau, salah satunya ialah kiper Swiss bernama Tobias Schwarz. [Instagram @indobloodtalent]

Dilihat dari video unggahan akun Instagram @indobloodtalent, terlihat bagaimana Tobias berjibaku saat mengawal gawang St Gallen.

"Tobias memiliki darah Indonesia dari ibunya. Ibunya lahir di Indonesia, sedangkan ayahnya berdarah Swiss 100 persen," tulis @indobloodtalent

Robin Soeradhiningrat

Terakhir ada kiper yang memiliki nama sangat Jawa yakni Robin Soeradhiningrat. Robin saat ini menjalani karier di Jerman.

Kiper berusia 22 tahun ini sekarang bermain untuk klub kasta keenam Liga Jerman, TSV Pattensen.

Robin memiliki kontrak hingga 30 Juni 2025. Robih mengawali karier di tim akademi Arminia Hannover pada 2018.

Robin Soeradhiningrat ialah kiper yang bermain di kasta keempat Liga Jerman.Robin Soeradhiningrat ialah kiper yang bermain di kasta keempat Liga Jerman.

Ia kemudian sempat membela tim Hannover 96 U-17 dan U-19 pada rentang waktu 2018 hingga 2020. Penampilan Robin terbilang cukup moncer sebagai kiper.

Dikutip dari data Transfermarkt, Robin catatkan 4 kali cleansheet dari 18 laga bersama klub Germania Egestorf. Ia juga sempat 1 kali cleansheet bersama Hannover 96 U-17 di 4 laga yang dilakoni.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #kiper #muda #eropa #yang #layak #bela #timnas #indonesia #kiper #jawa #liga #jerman

KOMENTAR