Perbandingan Klub Baru Elkan Baggott vs Justin Hubner, Lebih Bagus Mana?
Elkan Baggott dan Justin Hubner dipastikan gagal debut di Premier League. (Kolase Instagram/@elkanbaggott dan Dok. Cerezo Osaka)
14:06
6 Agustus 2024

Perbandingan Klub Baru Elkan Baggott vs Justin Hubner, Lebih Bagus Mana?

Membandingkan dua klub baru bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott dan Justin Hubner, yakni Blackpool dan IFK Norrkoping. Mana yang lebih bagus?

Sebagaimana diketahui, dua bek Timnas Indonesia yakni Elkan Baggott dan Justin Hubner telah memiliki pelabuhan baru di bursa transfer musim panas 2024 ini.

Elkan Baggott bergabung dengan klub kasta ketiga Inggris, yakni Blackpool, dengan status pinjaman selama satu musim dari Ipswich Town.

Di sisi lain, Justin Hubner bergabung dengan klub papan atas Swedia, IFK Norrkoping, seiring adanya kerja sama dengan Wolverhampton Wanderers.

Baca Juga: Harga Pasar Justin Hubner Lebih Tinggi dari 13 Pemain Klub Swedia IFK Norrkoping

Berbeda dengan Elkan Baggott, status Justin Hubner hanya berlatih saja. Namun, beredar kabar bahwa ada kemungkinan bek berusia 20 tahun itu dipinjamkan ke IFK Norrkoping.

Terlepas dari status keduanya, menarik untuk membandingkan dua klub yang jadi pelabuhan dua bek muda Timnas Indonesia tersebut.

Kira-kira, klub mana yang punya reputasi lebih mentereng? Apakah Blackpool yang jadi pelabuhan Elkan Baggott atau IFK Norrkoping yang dihuni Justin Hubner?

IFK Norrkoping Lebih Mentereng

Jika melihat ranking liga berdasarkan TeamForm, Liga Swedia atau Allsvenskan lebih baik ketimbang League Ones atau kasta ketiga Inggris.

Baca Juga: Kaget dengan Target Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Media China: Timnas Indonesia Berkembang Pesat

Allsvenskan yang dihuni IFK Norrkoping berada di urutan ke-30 ranking liga-liga seluruh dunia, sedangkan League One yang dihuni Blackpool berada di urutan ke-64.

Tak hanya dari perbedaan peringkat liga, IFK Norrkoping juga punya prestasi lebih mentereng ketimbang Blackpool sejak keduanya berdiri.

IFK Norrkoping dikenal sebagai salah satu klub tersukses di Swedia dengan mencatatkan 13 kali juara kasta teratas sejak berdiri 127 tahun lalu.

Sedangkan Blackpool yang berdiri lebih dulu, yakni 137 tahun lalu, tercatat hanya memiliki satu prestasi mentereng saja, yakni menjuarai Piala FA pada musim 1952/1953.

Meski begitu, Blackpool bukannya tanpa rekam jejak apik. Klub berjuluk The Seasiders punya catatan membanggakan di sepak bola Inggris.

Blackpool tercatat menjadi tim pertama yang promosi ke seluruh kasta Liga Inggris melalui babak Playoff dan menjadi tim dengan gelar Playoff terbanyak yakni enam gelar.

Walau punya catatan apik di ranah Inggris, tetap saja Blackpool masih kalah secara prestasi dan rekam jejak dengan IFK Norrkoping.

Karena kerap menjuarai Liga Swedia atau Allsvenskan, IFK Norrkoping rutin tampil di kompetisi Eropa seperti Piala UEFA (Liga Europa) dan Liga Champions.

Terakhir kali IFK Norrkoping bertarung di kompetisi Eropa terjadi pada musim 2019/2020 lalu, yakni tampil di babak kualifikasi Liga Europa.

Terlepas dari rekam jejak kedua klub tersebut, kepindahan Elkan Baggott dan Justin Hubner ke Blackpool dan IFK Norrkoping menjadi kesempatan bagi keduanya untuk membuktikan diri dan mendulang menit bermain.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #perbandingan #klub #baru #elkan #baggott #justin #hubner #lebih #bagus #mana

KOMENTAR