Beda Formasi, Miliano Jonathans Tetap Bisa Cocok dengan Taktik Shin Tae-yong
Pemain keturunan Indonesia yang bermain untuk Vitesse, Miliano Jonathans. [Dok. Instagram/@milianojonathans_]
09:12
5 Agustus 2024

Beda Formasi, Miliano Jonathans Tetap Bisa Cocok dengan Taktik Shin Tae-yong

Pemain keturunan milik klub kasta kedua Liga Belanda (Keuken Kampioen Divisie) Vitesse, Miliano Jonathans, punya formasi favorit yang berbeda dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Meski demikian, dengan kemampuan yang dimiliki, winger berusia 20 tahun itu dinilai akan tetap cocok dengan strategi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Miliano Jonathans yang mengaku punya darah Indonesia dari neneknya yang asal Depok, menyebut suka dengan filosofi sepak bola menyerang.

Andai diberi pilihan, dia lebih suka bermain di tim yang mengusung formasi 4-3-3 di mana dirinya akan menempati pos penyerang sayap kanan.

Baca Juga: Persebaya Sanksi Gelandang Andalan Indra Sjafri, Paul Munster: Ini Masalah Disiplin

"Formasi favorit saya adalah dengan empat pemain bertahan, tiga gelandang dan tiga penyerang," kata Miliano Jonathans dikutip Suara.com dari Transfermarkt, Senin (5/8/2024).

"Saya menyukai formasi ini karena saya menyukai sepak bola menyerang dan saya suka bermain di sisi kanan," tambahnya.

Kendati berbeda formasi kesukaan dengan pelatih Shin Tae-yong, Miliano Jonathans sejatinya masih cocok dengan strategi Timnas Indonesia.

Pemain keturunan Indonesia milik klub Liga Belanda, Vitesse, Miliano Jonathans. [Dok. Instagram/@milianojonathans_]Pemain keturunan Indonesia milik klub Liga Belanda, Vitesse, Miliano Jonathans. [Dok. Instagram/@milianojonathans_]

Shin Tae-yong diketahui konsisten menggunakan formasi 3-4-2-1 di Timnas Indonesia. Miliano Jonathans jelas bisa menempati pos salah satu dari dua nomor 10 di belakang striker.

Pemain nomor 10 atau gelandang serang dalam formasi Shin Tae-yong punya keleluasaan untuk bermain melebar. Perannya jadi mirip-mirip seperti winger, meski dalam praktiknya mereka akan banyak bekerjasama dengan wingback yang aktif maju-mundur sesuai situasi.

Baca Juga: Update Pemain Timnas Indonesia di Luar Negeri, 4 Pemain Masih Nganggur

Miliano Jonathans jelas bisa menempati posisi tersebut, lantaran selain fasih bermain sebagai penyerang sayap kanan, dirinya juga bisa bermain sebagai gelandang serang.

Menyitat data Transfermarkt, selama memperkuat tim senior Vitesse, pemain 20 tahun itu telah bermain di empat posisi berbeda.

Sayap kanan menjadi yang terbanyak dengan 11 kali, disusul gelandang serang delapan kali, serta masing-masing penyerang tengah dan sayap kiri sekali.

Sebagai informasi, Miliano Jonathans merupakan pemain berpaspor Belanda. Sejauh ini, belum diketahui apakah PSSI berminat untuk menaturalisasinya.

Namun, pada awal Juli tahun ini, keluarga Jonathans diketahui datang ke Indonesia. Mereka bahkan bertemu dengan Tenaga Ahli Menteri Kemenpora, Hamdan Hamedan.

"Keluarga Jonathans sedang liburan dan bertemu keluarganya di Jakarta. Mereka juga sudah dan akan kembali lagi ke Bali," tulis Hamdan Hamedan di Instagram Stories miliknya beberapa waktu lalu.

"Hari ini ketemu sama saya menyambung kembali tali silaturahmi. Tapi Miliano tidak ikut karena dia sudah masuk pre-season."

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #beda #formasi #miliano #jonathans #tetap #bisa #cocok #dengan #taktik #shin #yong

KOMENTAR