Update Pemain Timnas Indonesia di Luar Negeri, 4 Pemain Masih Nganggur
Pesepak bola Timnas Indonesia Thom Jan Haye (kanan) berselebrasi dengan rekannya usai mencetak gol ke gawang Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
08:54
5 Agustus 2024

Update Pemain Timnas Indonesia di Luar Negeri, 4 Pemain Masih Nganggur

Empat pemain yang biasa membela Timnas Indonesia belakangan ini nasibnya sedang tidak menentu soal klub yang dibela.

Di bursa transfer jelang bergulirnya musim 2023/24, ada beberapa pemain langganan Timnas Indonesia masih belum mendapatkan klub.

Kondisi ini tentu tidak positif buat mereka karena tidak lama lagi liga-liga di Eropa maupun Asia bakal segera bergulir. Lantas, siapa saja pemain Timnas Indonesia yang nasibnya belum menentu?

1. Marselino Ferdinan

Baca Juga: Momen Haru Jay Idzes Lindungi Ole Romeny di Lapangan, Gara-gara Tekel Keras ke Lawan

Sejak dilepas oleh klub Liga 2 Belgia, KMSK Deinze, Marselino Ferdinan belum mendapat klub baru dan kini berstatus free agent.

Dengan usia yang masih 19 tahun, Marselino masih punya banyak waktu dan kesempatan. Tapi belum ada rumor pasti soal klub mana yang bakal merekrut eks Persebaya Surabaya itu.

Terbaru, Marselino Ferdinan dikaitkan dengan klub Liga Thailand, Muangthong United. Sang gelandang diketahui telah mengikuti atau memfollow akun Instagram bek Timnas Singapura, Jacob Mahler. 

Jacob diketahui baru saja bergabung dengan Muangthong United setelah musim lalu bermain untuk klub BRI Liga 1 Madura United.

2. Thom Haye

Baca Juga: 3 Keuntungan jika Marselino Ferdinan Gabung MU, Kans Main Reguler Lebih Besar

Gelandang keturunan Timnas Indonesia berusia 29 tahun ini juga berstatus tanpa klub setelah tidak diperpanjang kontraknya oleh SC Heerenveen.

Beberapa rumor sempat terdengar soal klub baru Thom Haye. Ia sempat dikabarkan menuju Como 1907 hingga terbaru Haye kedapatan mengunjungi AZ Alkmaar.

Haye juga mengungkapkan minatnya untuk bermain di Italia. Walau begitu, belum diketahui apakah ada klub Italia yang sedang mengincar Thom Haye atau tidak.

3. Ragnar Oratmangoen

Penyerang sayap keturunan Timnas Indonesia ini juga nasibnya tidak menentu. Setelah tidak diperpanjang peminjaman oleh Fortuna Sittard, ia kembali ke klub lamanya FC Groningen.

Kontrak Ragnar di Groningen sebetulnya masih ada sampai Juni 2025, namun pelatih FC Groningen, Art Langeler, menyebut bahwa pemain berusia 26 tahun itu tidak masuk skenario permainannya buat musim depan.

Beberapa rumor bahkan menyebutkan kalau Ragnar bisa melanjutkan karirnya di Liga 1. Namun, pilihan ini tentu tidak terlalu mendapat respons positif dari netizen.

4. Justin Hubner

Justin Hubner sempat dipinjamkan oleh Wolverhampton Wanderers ke klub Jepang, Cerezo Osaka. Tapi minimnya menit bermain membuat Hubner kembali ke Wolves.

Belum diketahui bagaimana kelanjutan karir Hubner di Wolves. Besar kemungkinan ia akan bermain lagi di Wolves U-21 atau mencari klub lain untuk mendapatkan menit bermain di tim utama.

Kontributor: Aditia Rizki 

Editor: Irwan Febri

Tag:  #update #pemain #timnas #indonesia #luar #negeri #pemain #masih #nganggur

KOMENTAR