Status WNI Buat Matthew Baker Susah Berkarier di Liga Australia?
Bek Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker. [Instagram/@mat_baker09]
13:06
4 Agustus 2024

Status WNI Buat Matthew Baker Susah Berkarier di Liga Australia?

Matthew Baker resmi tetap memilih untuk membela Timnas Indonesia, keputusannya itu bisa berpotensi membuatnya sulit berkarier di Australia. Apa sebabnya?

Pemilik dan operator Liga Australia (A-League) dalam beberapa tahun terakhir ini sedang menggodok aturan baru soal pemain asing di Liga Australia.

Salah satunya adalah aturan pemain asing 4+1. Aturan ini membuat sebuah tim di Liga Australia bisa diperkuat oleh empat pemain asing bebas dan satu pemain dari Asia.

Kondisi ini tentu saja bisa berpotensi menjadi tantangan buat Mat Baker di masa mendatang jika ia promosi ke tim utama di Liga Australia.

Baca Juga: 3 Keuntungan Matthew Baker usai Putuskan Bertahan bersama Timnas Indonesia

Jika aturan pemain asing 4+1 diberlakukan oleh A-League di masa mendatang, Matthew Baker harus berupaya ekstra keras untuk mengisi kuota pemain asing di salah satu klub Australia.

Saat ini Matthew Baker memperkuat tim junior Melbourne City FC U-18. Bukan tidak mungkin ia bisa promosi ke tim utama karena di usia yang masih 15 tahun saja, ia sudah bermain untuk tim U-18.

Potensi Mat Baker juga disadari oleh Federasi Sepak Bola Australia. Baker masuk ke dalam daftar 24 pemain yang dipanggil oleh pelatih Australia U-17, Brad Maloney, untuk menghadapi Kepulauan Solomon dan Vanuatu U-19 di ajang PacificAus Sports Football Tour.

Padahal sebelumnya Baker memperkuat Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024. Menariknya, Australia U-16 juga ikut ajang tersebut dan menjadi juara.

Kendati dipanggil Australia U-17, Matthew Baker memutuskan tetap menjadi bagian Timnas Indonesia U-16.

Baca Juga: Sampai Bikin Melongok, Justin Hubner Bandingkan dari Sisi Ini Sepak Bola Indonesia Jauh Lebih Baik dari Eropa

Pemain berdarah Indonesia-Australia itu pun ikut dipanggil untuk pemusatan Latihan (TC) Indonesia U-17 di Bali pada 11 Agustus untuk Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #status #buat #matthew #baker #susah #berkarier #liga #australia

KOMENTAR