BREAKINGNEWS! Piala AFF 2024 Bakal Diundur Jadi Tanggal Segini dan Karena Ini
Logo Piala AFF 2024 atau yang bernama resmi AFF ASEAN Championship 2024. [Dok. mitsubishielectric]
12:30
4 Agustus 2024

BREAKINGNEWS! Piala AFF 2024 Bakal Diundur Jadi Tanggal Segini dan Karena Ini

Rencana kick-off Piala AFF 2024 direncanakan akan mengalami penundaan. Awalnya, turnamen sepak bola antar negara Asia Tenggara ini dijadwalkan berlangsung mulai 23 November hingga 21 Desember 2024.

Namun, berdasarkan informasi yang beredar, jadwal tersebut akan diundur.

Alasan utama dari penundaan ini adalah untuk menghindari konflik jadwal dengan kompetisi antarklub Asia yang bergengsi, yakni AFC Champions League.

Hal itu dikabarkan dalam akun @theaseanfootball.

Baca Juga: 3 Keuntungan Matthew Baker usai Putuskan Bertahan bersama Timnas Indonesia

"Federasi Sepak Bola ASEAN telah merencanakan mengubah jadwal Piala ASEAN tahun2024 untuk menghindari konflik jadwal dengan kompetisi klub AFC," tulis @theaseanfootball.

"AFF berencana menunda tanggal mulai Piala ASEAN tahun2024 dari 23 November hingga 9 Desember. Pertandingan final akan diadakan pada 5 Januari 2025 bukan pada 21 Desember 2024."

Seperti diketahui, pada akhir November hingga awal Desember 2024, akan digelar pertandingan-pertandingan krusial di fase grup AFC Champions League.

Beberapa klub dari kawasan ASEAN juga turut berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.

Mengingat pentingnya kompetisi antarklub Asia ini, Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) memutuskan untuk menggeser jadwal Piala AFF 2024.

Baca Juga: Sampai Bikin Melongok, Justin Hubner Bandingkan dari Sisi Ini Sepak Bola Indonesia Jauh Lebih Baik dari Eropa

Jika Piala AFF 2024 tetap digelar sesuai jadwal semula, dikhawatirkan klub-klub peserta akan enggan melepas pemainnya untuk membela timnas masing-masing.

Hal ini dikarenakan Piala AFF 2024 tidak termasuk dalam kalender resmi FIFA. Dengan demikian, klub-klub berhak untuk menahan pemainnya.

Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi Timnas Indonesia yang kini berada di bawah asuhan Shin Tae-yong. Timnas Indonesia akan mempunyai waktu banyak untuk mempersiapkan diri.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #breakingnews #piala #2024 #bakal #diundur #jadi #tanggal #segini #karena

KOMENTAR