Bukti Nova Arianto Lebih Jago dari Indra Sjafri soal Scouting Pemain untuk Timnas Indonesia
Kolase Matthew Baker dan Sem Yvel. (Dok. Footballaus & unitas_leurenaren)
10:06
23 Juli 2024

Bukti Nova Arianto Lebih Jago dari Indra Sjafri soal Scouting Pemain untuk Timnas Indonesia

Indra Sjafri jadi sasaran kritik usai penampilan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024 yang dianggap kurang maksimal.

Salah satu faktor yang jadi bahan kritikan adalah soal kemampuan Indra Sjafri dalam scouting pemain. Ia bahkan dibandingkan dengan Nova Arianto saat melatih Timnas Indonesia U-17.

Selain itu, netizen juga melontarkan sindiran di media sosial kepada Indra Sjafri yang menyinggung local pride lagi. Sindiran ini muncul karena minimnya menit bermain para pemain keturunan di Timnas U-19.

Soal lebih baiknya Nova Arianto dibandingkan Indra Sjafri soal scouting pemain, ada beberapa kondisi yang dinilai bisa menjadi barometer.

Baca Juga: Tak Takut Lawan! Timnas Indonesia Pernah Bantai Timor-Leste di AFF Cup U-19

1. Dua Pemain Nova Arianto jadi Kapten dan Juara

Bek kiri Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker, juara di Australia. (Dok. Footballaus)Bek kiri Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker, juara di Australia. (Dok. Footballaus)

Anak asuh Nova Arianto di Timnas Indonesia U-16, yakni Lucas Lee, berhasil membawa klubnya menjuarai kompetisi bergengsi bertajuk Gothia Cup.

Pemain bernama lengkap Lucas Raphael Lee itu menjuarai Gothia Cup 2024 U-16 bersama klub Amerika Serikat, yakni NorCal PDP, usai mengalahkan Stjarnen 1.

Semakin spesial buat pemain berusia 16 tahun tersebut karena mampu menjuarai Gothia Cup 2024 U-16 dengan menyandang ban kapten NorCal PDP.

Selain Lucas Lee, anak asuh Nova Arianto lainnya di Timnas Indonesia U-16 yang berprestasi di klub adalah Matthew Baker.

Baca Juga: 3 Pemain Timor-Leste U-19 yang Wajib Diwaspadai Skuad Timnas Indonesia U-19

Baker membawa klubnya, Victoria Blue, menjuarai National Youth Championship U-16 Australia. Hebatnya, Matthew Baker membawa Victoria Blue sebagai juara National Youth Championship U-15 Australia dengan status kapten tim.

2. Indra Coret Sam Yvel, Justru Promosi ke Tim Senior

Sem Yvel membela NAC Breda senior dalam laga pramusim. (Instagram/@unitas_leurenaren)Sem Yvel membela NAC Breda senior dalam laga pramusim. (Instagram/@unitas_leurenaren)

Indra Sjafri malah mencoret nama Sem Peter Yvel sebelum gelaran Piala AFF U-19 2024. Meski sudah ikut serta di Toulon Cup 2024, Indra tetap mencoretnya.

Namun, Sam Yvel justru memberikan kabar gembira di tengah situasi ini. Dia mendapatkan kesempatan untuk menjalani pertandingan pramusim bersama tim senior NAC Breda ketika menghadapi Unitas.

Dengan kata lain, Sam sukses mengukir debutnya bersama tim senior NAC Breda. Dia baru dimasukkan ketika pertandingan menginjak menit ke-66 pada pertandingan pramusim itu. Saat itu, dia turun sebagai gelandang bertahan.

Tentu saja, ini menjadi catatan yang oke bagi Sam Peter Yvel. Sebab, dia sudah mendapatkan kesempatan untuk mencicipi pertandingan bersama tim senior NAC Breda ketika baru menginjak 19 tahun.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #bukti #nova #arianto #lebih #jago #dari #indra #sjafri #soal #scouting #pemain #untuk #timnas #indonesia

KOMENTAR