Jangan Remehkan Timor Leste di Piala AFF U-19, 4 Pemain Timnas Indonesia Wajib Jadi Starter
Bek sayap Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim (kedua dari kanan) coba menghadang pemain Ekuador U-17 dalam matchday pertama Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (10/11/2023). [Dok. LOC WCU17BRY/LOC WCU17/NFL]
09:30
23 Juli 2024

Jangan Remehkan Timor Leste di Piala AFF U-19, 4 Pemain Timnas Indonesia Wajib Jadi Starter

Dengan dua kemenangan, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2024 melawan Timor Leste pada Selasa (23/7/2024).

Garuda Muda memimpin klasemen dengan enam poin, sementara Timor Leste berada di posisi kedua dengan tiga poin.

Pasukan Indra Sjafri sebelumnya mengalahkan Filipina 6-0 dan Kamboja 2-0.

Timor Leste baru saja kalah dari Filipina setelah mengalahkan Kamboja di laga pertama.

Baca Juga: Brace ke Gawang PSM Makassar, Bukti Ramadhan Sananta Masih Layak Dilirik Shin Tae-yong?

Indonesia diunggulkan berkat kualitas pemain dan dukungan suporter.

Mereka menargetkan kemenangan di semua laga Grup A, termasuk melawan Timor Leste.

Namun, Garuda Muda harus tetap waspada karena Timor Leste, yang dijuluki The Rising Sun, bertekad menang untuk menjaga peluang ke fase berikutnya.

Pelatih Timor Leste, Eduardo Pereira, telah menginstruksikan timnya untuk bermain sepenuh hati dan menghadapi tekanan suporter tuan rumah dengan berani.

Indra Sjafri mungkin akan merotasi pemain di starting XI, memberi kesempatan pada pemain cadangan di laga sebelumnya untuk menjadi starter.

Baca Juga: Berbeda dengan Tim Lain, Indonesia Diwakili Defender di Daftar Top Skorer Piala AFF U-19

1. Welber Jardim

Bek sayap Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim menggiring bola saat menghadapi Ekuador U-17 dalam matchday pertama Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (10/11/2023). [Dok. LOC WCU17BRY/LOC WCU17/NFL]Bek sayap Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim menggiring bola saat menghadapi Ekuador U-17 dalam matchday pertama Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (10/11/2023). [Dok. LOC WCU17BRY/LOC WCU17/NFL]

Pemain muda Sao Paolo U-17, Welber Jardim, belum pernah menjadi starter. Saat melawan Kamboja, ia masuk pada menit ke-35 menggantikan Figo Dennis dan tampil menonjol sebagai gelandang bertahan.

Lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada 25 April 2007, Welber terus berlari, mendistribusikan bola ke penyerang, dan terlibat dalam duel melawan gelandang Kamboja.

Selain itu, pemain berdarah Indonesia-Brasil ini juga berani melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Berdasarkan penampilannya saat melawan Kamboja, Welber Jardim layak menjadi starter.

2. Dony Tri Pamungkas

Kapten Timnas Indonesia U-19, Dony Tri Pamungkas (Kiri) Saat Membela Timnas Indonesia U-20 di Ajang Toulon Cup 2024. (persija.id)Kapten Timnas Indonesia U-19, Dony Tri Pamungkas (Kiri) Saat Membela Timnas Indonesia U-20 di Ajang Toulon Cup 2024. (persija.id)

Dony Tri Pamungkas adalah pemain berhati baja yang sangat penting bagi Timnas Indonesia U-19.

Sebagai winger Persija Jakarta, ia cepat, tangguh, dan tidak mudah menyerah. Ban kapten di lengannya sangat pantas.

Dony Tri Pamungkas adalah aset berharga bagi masa depan timnas. Menghadapi Kamboja yang memiliki sayap tangguh, keputusan tepat jika Dony tetap masuk line up utama.

3. Iqbal Gwijangge

Iqbal Gwijangge, kapten Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022, kini menjelma menjadi bintang muda di lini belakang Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri di Piala AFF U-19 2024. (@timnas.indonesia)Iqbal Gwijangge, kapten Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022, kini menjelma menjadi bintang muda di lini belakang Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri di Piala AFF U-19 2024. (@timnas.indonesia)

Kenapa pemain belakang tidak bisa jadi top skor? Iqbal Gwijangge contohnya.

Bek andalan Indra Sjafri ini sudah mencetak tiga gol di Piala AFF U-19 2024, termasuk gol terakhirnya ke gawang Kamboja lewat tendangan kaki kiri pada menit ke-71 dari sepak pojok Kafiatur Rizky.

Di lini belakang, Iqbal adalah "monster kecil" yang tangguh dan siap menghalau penyerang lawan. Saat terdesak, pemain Barito Putera ini lebih memilih melakukan tebasan ketimbang membiarkan gol terjadi.

Ketangguhan dan ketegasannya pasti membuat penyerang Timor Leste khawatir.

4. Jens Raven

Penyerang Timnas Indonesia U-19, Jens Raven usai mencetak gol debutnya bagi Skuad Garuda di AFF Cup U-19 2024. (Instagram/jensraven9)Penyerang Timnas Indonesia U-19, Jens Raven usai mencetak gol debutnya bagi Skuad Garuda di AFF Cup U-19 2024. (Instagram/jensraven9)

Dalam dua laga sebelumnya, baik melawan Filipina dan Kamboja, si jangkung 189 cm ini tak pernah jadi starter.

Indra Sjafri ternyata masih lebih percaya kepada trisula 3-4-3 yang ia terapkan yakni Riski Afrisal, Arkhan Kaka, dan Arlyansyah.

Kontra Filipina, dimana Jens Raven menyumbang sebiji gol, pemain 18 tahun itu masuk pada menit ke-67.

Kemudian, versus Kamboja, wonderkid FC Dordrecht U-21 diturunkan jelang bergulirnya babak kedua. Ia menggantikan Arkhan Kaka.

Melawan Timor Leste, Jens Raven sebaiknya masuk starting XI.

Kepercayaan tersebut tentunya membuat pemain naturalisasi bisa lebih tertantang, lebih percaya diri, dan lebih mengeksploitasi semua kemampuan terbaiknya.

Jens Raven juga tak harus jadi striker. Ia bisa dimainkan sebagai gelandang serang dan gelandang bertahan atau sebagai winger kiri dan kanan.

Ragam posisi itu kerap ia mainkan di klubnya, FC Dordrecht U-21.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #jangan #remehkan #timor #leste #piala #pemain #timnas #indonesia #wajib #jadi #starter

KOMENTAR