Perlukah Timnas Indonesia U-19 Andalkan Pemain Naturalisasi? Pengamat: Boleh tapi...
Jens Raven. [Instagram]
15:24
17 Juli 2024

Perlukah Timnas Indonesia U-19 Andalkan Pemain Naturalisasi? Pengamat: Boleh tapi...

Timnas Indonesia U-19 diketahui bakal mengandalkan pemain naturalisasi dalam diri Jens Raven untuk mengarungi Piala AFF U-19 2024 di Surabaya. Pengamat olahraga Fritz Simanjuntak pun buka suara melihat fenomena tersebut.

Naturalisasi bukanlah proyek baru yang dijalankan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Sejak dulu, sudah banyak pemain impor yang diubah kewarganegaraannya demi membala skuad Garuda.

Namun belakangan, sejak era Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Erick Thohir, PSSI melakukan naturalisasi secara spesifik ke pemain yang memiliki darah Indonesia.

Hal itu dilakukan demi mempercepat proses perubahan kewarganegaraan. Pasalnya merujuk undang-undang, pemain yang sama sekali tak memiliki keturunan Indonesia harus tinggal berturut-turut lima tahun atau tak berturut-turut selama 10 tahun sebelum memenuhi syarat untuk dinaturalisasi.

Baca Juga: Bahrain dan China Bisa Ciut Nyali Nih, Media Vietnam Gembar-gembor Timnas Indonesia Ketambahan 3 Penyerang Naturalisasi

Gencarnya PSSI melakukan naturalisasi nyatanya tak hanya terjadi di lingkup pemain senior. Tim nasional kelompok umur pun kini tak luput dari jasa pemain naturalisasi.

Indra Syafri di antara pemain timnas Indonesia U-19 dalam pemusatan latihan di Surabaya (pssi.org)Indra Syafri di antara pemain timnas Indonesia U-19 dalam pemusatan latihan di Surabaya (pssi.org)

Sebelumnya, para pemain belia seperti Justin Hubner, Ivar Jenner dan Rafael Struick dinaturalisasi PSSI untuk Piala Dunia U-20 2023 yang akhirnya batal digelar di Indonesia.

Situasi itu membuat ketiga pemain pada akhirnya lebih banyak diandalkan di timnas senior.

Terkini, pemain keturunan muda lain yakni Jens Raven telah dinaturalisasi PSSI. Striker berusia 18 tahun milik klub FC Dordrecht telah resmi dinaturalisasi pada 27 Juni lalu.

Dia pun kini dijadikan andalan oleh pelatih Indra Sjafri untuk membela Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024. Sebelumnya, dia sudah memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Toulon Cup 2024 di Prancis.

Baca Juga: Here We Go! Kiper ADO Den Haag Ferran Alinegara Bisa Bela Timnas Indonesia Tanpa Naturalisasi, Ini Buktinya

Melihat fenomena tersebut, muncul pertanyaan terkait perlukan tim nasional kelompok umur memakai jasa pemain naturalisasi mengingat esensi dari turnamen usia muda adalah pembinaan dan bukan prestasi?

Pengamat olahraga Fritz Simanjuntak pun menjelaskan bahwa sejatinya menggunakan pemain naturalisasi di tim nasional kelompok umur sah-sah saja.

Apalagi, katanya, Indonesia belum memiliki kompetisi yang mumpuni untuk menghasilkan pemain top secara konsisten untuk memperkuat berbagai kelompok usia Timnas Indonesia.

"Ya seperti yang saya sebut, kualitas liga kita masih harus ditingkatkan. Untuk mencari pemain-pemain [bagus] saya rasa it's okay pakai naturalisasi," kata Fritz Simanjuntak saat berbincang dengan , Selasa (16/7/2024).

Meski demikian, Fritz menekankan bahwa PSSI harus tetap memerhatikan kualitas kompetisi sepak bola Tanah Air. Jangan sampai proyek naturalisasi dijadikan jalan pintas untuk mendongrak prestasi tim nasional tanpa adanya upaya untuk memperbaiki liga.

"Sambil membenahi kompetisi, ya saya pikir boleh-boleh saja federasi melakukan naturalisasi pemain," jelas Fritz.

Timnas Indonesia U-19 akan menjadi tuan rumah Piala AFF U-19 2024 di Surabaya yang akan berlangsung pada 17-29 Juli 2024. Skuad Garuda tergabung di Grup A bersama Filipina, Kamboja, Timor Leste.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #perlukah #timnas #indonesia #andalkan #pemain #naturalisasi #pengamat #boleh #tapi

KOMENTAR