Biodata Ian Maatsen, Pemain Timnas Belanda yang Masih Bisa Perkuat Timnas Indonesia
Ian Maatsen bersama Timnas Belanda di Euro 2024. (AFP/Miguel Medina)
07:18
14 Juli 2024

Biodata Ian Maatsen, Pemain Timnas Belanda yang Masih Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Pemain keturunan Indonesia, Ian Maatsen, masih berpotensui untuk membela Timnas Indonesia usai dirinya tidak mencatatkan satu caps pun bersama Timnas Belanda di Euro 2024.

Ian Maatsen dibawa Ronald Koeman dalam skuat Belanda di Euro 2024. Namun, hingga melaju ke semifinal, pemain Aston Villa itu sama sekali tidak dimainkan usai kalah saing dengan Nathan Ake di posisi bek kiri.

Dengan demikian, Ian Maatsen masih 0 caps bersama Timnas Belanda. Menurut aturan FIFA, pemain masih bisa membela timnas lain jika yang bersangkutan belum memiliki tiga caps bersama timnas senior.

Kini, keputusan ada di tangan Ian Maatsen, apakah dirinya bersedia membela Timnas Indonesia atau tidak.

Baca Juga: Bakal Pimpin Laga Final, Bagaimana Sepak Terjang Wasit Letexier di EURO 2024?

Biodata Ian Maatsen

Pemain keturunan Indonesia, Ian Maatsen yang gagal debut di Euro 2024. (Instagram/@maatsen_)Pemain keturunan Indonesia, Ian Maatsen yang gagal debut di Euro 2024. (Instagram/@maatsen_)

Pemain dengan nama lengkap Ian Ethan Maatsen ini lahir di Vlaardingen, Belanda, pada 10 Maret 2002. Kendati lahir dan besar di Belanda, ia punya darah campuran.

Mengalir di tubuh Maatsen darah Indonesia-Suriname. Darah Indonesia didapatkannya dari sang ibu yang berasal dari Jawa.

Sepak bola sudah ditekuni oleh Maatsen sejak berusia 7 tahun dengan bergabung ke akademi Feyenoord. Namun ia akhirnya keluar setelah dianggap punya postur tubuh yang kecil.

Setelah itu ia sempat bergabung ke tim junior Sparta Rotterdam dan PSV Eindhoven. Maatsen lalu pindah ke Chelsea pada 2018.

Baca Juga: Media Spanyol: Jordan Pickford Dulu Waktu Lahir Bernama Kandang Babi

Pada musim perdananya di Chelsea, ia lebih banyak bergabung dengan tim U-18. ia baru debut di tim utama Chelsea pada September 2019 sebagai pemain pengganti di laga Piala Liga Inggris.

Kendati sudah masuk daftar pemain di tim utama musim itu, Maatsen lalu dipinjamkan ke tim divisi tiga Inggris, Charlotte Athletic, di musim 2020/21.

Satu musim di sana, ia dipinjamkan ke klub Divisi Kedua Inggris, Coventry City dan Burnley. Usai membantu Burnley promosi ke Liga Inggris, Maatsen baru dipercaya tampil di tim utama Chelsea pada musim 2023/24.

Ian Maatsen pun mendapat perpanjangan kontrak dari Chelsea hingga 2026, tapi ia langsung dipinjamkan ke Borussia Dortmund hingga akhir musim 2023/24. Kini, ia resmi bergabung dengan Aston Villa.

Di level internasional, Ian Maatsen sudah Timnas Belanda kelompok umur dari U-15 hingga U-21. Pencapaian terbaiknya bersama Belanda kelompok umur adalah menjadi juara Euro U-17 2019 usai mengalahkan Italia di babak final.

Di timnas senior Belanda, Ian Maatsen sudah beberapa kali dipanggil tapi belum mendapat kesempatan bermain.

Editor: Irwan Febri

Tag:  #biodata #maatsen #pemain #timnas #belanda #yang #masih #bisa #perkuat #timnas #indonesia

KOMENTAR