Dulu Striker Ganas, Jacksen F Tiago Ungkap Alasan 'Tolak' Bela Timnas Indonesia
Pelatih Persipura, Jackson F Tiago memimpin latihan tertutup tim di Jayapura. [ANTARA/HO/Humas Persipura]
11:48
8 Juli 2024

Dulu Striker Ganas, Jacksen F Tiago Ungkap Alasan 'Tolak' Bela Timnas Indonesia

Pelatih asal Brasil, Jacksen F Tiago, merupakan sosok yang hebat saat masih berkarier sebagai pemain asing di Liga Indonesia.

Ia membawa Petrokimia Putra Gresik menjadi runner-up Liga Indonesia pada 1994-1995, runner-up PSM Makassar (1995-1996), dan juara Liga Indonesia bersama Persebaya Surabaya (1996-1997).

Lebih spesial lagi, Jacksen F Tiago juga meraih sepatu emas alias top skotr dengan 25 gol saat mengantarkan Persebaya Surabaya.

Jacksen F Tiago pun sebenarnya bisa membela Timnas Indonesia dengan proses naturalisasi syarat lima tahun menetap di Indonesia.

Baca Juga: Meski Dipanggil Lagi, Tak Ada Jaminan Elkan Baggott Masuk Skuad Inti Timnas Indonesia

Itulah yang dilakukan Cristian Gonzales ketika menjadi melakukan naturalisasi menjadi WNI dan membela Timnas Indonesia.

Jacksen F Tiago pun baru-baru ini buka suara. Ia menjelaskan mengapa dulu saat menjadi pemain tidak mengubah kewarganegaraan dan membela Timnas Indonesia adalah faktor orangtuanya di Brasil.

Namun, kini, Jacksen F Tiago yang sudah melang melintang sebagai pelatih berencana untuk mengubah kewarganegaraan menjadi WNI.

"Saya pernah ditawar, tetapi belum pernah menerima. Tapi mungkin dalam waktu dekat, saya akan mengajukan menjadi bagian warga negara Indonesia," kata Jacksen F Tiago di YouTube Helmy Yahya.

"Lima tahun lalu, saya kehilangan hal yang membuat saya tidak lepas kewarganegaraan saya, ibu saya. Sehingga sampai saat itu, saya tidak punya pikiran ganti warga negara," lanjutnya.

Baca Juga: Elkan Baggott Terancam Gagal Main di Premier League, Media Inggris Nyinyir Bilang Begini

"Tapi sekarang beliau sudah tidak ada. Keluarga saya sekarang istri dan anak saya. Sehingga dalam waktu dekat akan mengajukan kewarganegaraan Indonesia," tuturnya menambahkan.

Meski belum menjadi WNI, Jacksen F Tiago sudah berkontribusi untuk Garuda. Ia pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia pada 2013.

Editor: Irwan Febri

Tag:  #dulu #striker #ganas #jacksen #tiago #ungkap #alasan #tolak #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR