'Dongeng' di Euro 2024 Berakhir, Swiss Ogah Kambing Hitamkan Manuel Akanji
Ekspresi bek Timnas Swiss, Manuel Akanji pada pertandingan Euro 2024 kontra Inggris di Dusseldorf Arena, Jerman, 6 Juli 2024. [Adrian DENNIS / AFP]
20:54
7 Juli 2024

'Dongeng' di Euro 2024 Berakhir, Swiss Ogah Kambing Hitamkan Manuel Akanji

Pelatih Timnas Swiss, Murat Yakin enggan menyalahkan pemain bintangnya, Manuel Akanji yang gagal mengeksekusi penalti saat kalah dari Inggris dalam pertandingan babak perempat final Euro 2024 di Dusseldorf, Jerman, yang rampung Minggu (7/7/2024) dini hari WIB.

Timnas Swiss kalah 3-5 melalui adu tendangan penalti setelah menahan imbang Inggris 1-1 selama 120 menit. Manuel Akanji yang didaulat sebagai penendang pertama menjadi satu-satunya pemain yang gagal mencetak gol.

"Manu (Akanji) yang bilang kalau dia ingin menjadi penendang pertama. Anda memberi pemain tanggung jawab dan Anda tidak bisa marah dengan pemain seperti itu," kata Murat Yakin sebagaimana dilansir AFP, Minggu.

Yakin melihat bahwa bek Manchester City berusia 28 tahun itu merasa sangat terpukul dan sangat kecewa.

Baca Juga: Tembus Semifinal Euro 2024 via Adu Penalti, Timnas Inggris Cetak Sejarah

"Tidak banyak kata-kata untuk melipur lara. Saya ucapkan terima kasih kepada Akanji atas kinerjanya, dan cara dia memimpin tim berada di level tertinggi," kata Yakin.

"Tidak ada kata-kata penghiburan yang dapat membantunya, yang ada adalah kesedihan yang mendalam. Semua orang perlu mengatasinya, tetapi kami bisa bangga pada diri kami sendiri," kata bekas pelatih Spartak Moscow dan FC Basel itu.

Yakin pun menghibur pasukannya bahwa mereka sudah bermain sangat bagus di Euro 2024, meski 'dongeng' Swiss di Piala Eropa kali ini harus terhenti di babak delapan besar. Kalah melalui adu penalti merupakan faktor ketidakberuntungan semata.

Swiss melaju ke perempat final Euro 2024 usai mengalahkan Italia 2-0 di babak 16 besar. Di fase grup, Swiss juga berhasil menahan imbang tuan rumah turnamen, Jerman dengan skor 1-1, imbang 1-1 lawan Skotlandia dan menang 3-1 atas Hungaria.

"Kami memiliki peluang, namun penalti bergantung pada keberuntungan," kata Yakin.

Baca Juga: 2 Rekor yang Gagal Ditorehkan Cristiano Ronaldo di Euro 2024, Turnamen Terburuk Sepanjang Karier CR7

"Kami memberikan banyak masalah bagi tim-tim besar jadi kami tidak boleh menyerah. Anda punya pemenang dan pecundang, dan sayangnya hari ini bukan kami pemenangnya," tandasnya. 

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #dongeng #euro #2024 #berakhir #swiss #ogah #kambing #hitamkan #manuel #akanji

KOMENTAR