Maarten Paes Akhirnya Bisa Bela Timnas Indonesia Tanpa Jalani Sidang CAS
Maarten Paes Saat Membela Klub FC Dallas. (Instagram/maartenpaes)
21:06
4 Juli 2024

Maarten Paes Akhirnya Bisa Bela Timnas Indonesia Tanpa Jalani Sidang CAS

Polemik kiper Maarten Paes untuk membela Timnas Indonesia akhirnya sedikit menemui titik terang.

Seperti diketahui, penjaga gawang berusia 26 itu belum bisa berkostum Timnas Garuda meski sudah berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Maarten Paes belum bisa langsung membela Timnas Indonesia karena terganjal Statuta FIFA 2022.

Sesuai regulasi FIFA, pemain yang pernah membela Timnas U-21 di suatu negara tidak bisa membela timnas negara lainnya. Sementara dia diketahui pernah membela Timnas U-21 Belanda di usia 22 tahun pada tahun 2021 lalu.

Baca Juga: 2 Sisi Plus Performa Timnas Indonesia U-16 dalam Piala AFF U-16 2024

Namun, mantan anggota eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani menjelaskan duduk perkara soal kasus Maarten Paes yang hingga kini belum juga tuntas.

Kiper berpaspor Indonesia, Maarten Paes, resmi masuk skuad MLS All Star 2024. (screenshot X/@FCDallas)Kiper berpaspor Indonesia, Maarten Paes, resmi masuk skuad MLS All Star 2024. (screenshot X/@FCDallas)

Menurutnya, kasus Paes seharusnya melewati FIFA terlebih dulu sebelum bisa dibawa ke CAS agar disidangkan.

"Kalau kita memang nge-apply (ke FIFA) ditolak, kita masih bisa banding. Kalau bandingnya ditolak, baru kita ke CAS." ujar Hasani dalam channel YouTube-nya, Hasani's Corner, yang diunggah akun Instagram @jomediafutbolid, Kamis (4/7/2024).

Dia menambahkan, sampai saat ini belum ada konfirmasi langsung dari FIFA apakah banding Maarten Paes ditolak atau tidak.

Kasus ini, lanjut Hasani, masih bisa diselesaikan dengan memuaskan. Sebab, dia melihat ada celah peraturan yang dibuat FIFA.

Baca Juga: 3 Catatan Menarik Zahaby Gholy, Bintang Timnas Indonesia U-16 Menggila Lawan Vietnam

Bahkan, dia menyarankan PSSI untuk terbang langsung ke markas FIFA di Swiss untuk menyelesaikan kasus Maarten Paes.

 "Sebenarnya kasusnya adalah hanya telat beberapa bulan saja, ketika membela TimNas Belanda (kelompok umur). Itu pun disebabkan oleh Covid-19, tinggal kita nego," paparnya.

"Saya kasih saran, belajar dari kasus Jordi Amat. Saya ngomong ke orang yang ngurus itu, setelah saya telusuri ternyata sekarang tidak menggunakan jasa orang itu. Pasti ada jalan keluar, untuk Maarten Paes. Jangan dulu ke CAS," tambahnya.

Selain itu, Hasani menyebut jika masih ada peluang lain, yaitu dengan dispensasi dari FIFA. Menurutnya, PSSI harus terus berjuang, dan melobi FIFA agar Paes bisa segera membela Timnas Indonesia.

 "Kalau ada yang lebih teliti, datang ke FIFA. Bila perlu sekarang terbang ke FIFA, ketemu tim legal. Saya melihat ada beberapa celah, dari regulasi yang ada," tegas dia.

Editor: Ronald Seger Prabowo

Tag:  #maarten #paes #akhirnya #bisa #bela #timnas #indonesia #tanpa #jalani #sidang

KOMENTAR