Risih Ditanya Netizen, Tristan Gooijer Tegaskan Dirinya Bukan RMS
Pemain Ajax Amsterdam keturunan Indonesia, Tristan Gooijer. (Instagram/ajax)
21:24
29 Juni 2024

Risih Ditanya Netizen, Tristan Gooijer Tegaskan Dirinya Bukan RMS

Pemain keturunan Indonesia, Tristan Gooijer mengaku dirinya dan keluarganya bukan merupakan bagian dari RMS (Republik Maluku Selatan) atau juga dikenal dengan sebutan Pemberontak Maluku.

Tristan Gooijer menjadi salah satu pemain yang sangat dikaitkan dengan naturalisasi WNI, karena memang memiliki garis keturunan Indonesia.

Namun, baru-baru ini Tristan Gooijer dibuat geram dengan netizen atau warganet yang mengaitkan dirinya dan keluarganya dengan RMS.

RMS atau Republik Maluku Selatan dikenal juga sebagai kelompok pemberontak Maluku yang muncul di tahun 1949 usai penyerahan kedaulatan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: Aston Villa Tebus Pemain Keturunan Indonesia Ian Maatsen dari Chelsea, Rogoh Kocek Rp723 Miliar

Entah mengapa Tristan Gooijer disangkutpautkan netizen dengan kelompok tersebut, meski memang diketahui sosoknya memiliki keturunan Maluku.

Pemain berposisi sebagai bek tengah, kelahiran Belanda dengan keturunan Indonesia, tepatnya Maluku dan saat ini bermain untuk Ajax Amsterdam.

Lahir di Blaricum, Belanda pada 2 September 2004, kini usianya baru 19 tahun dan sangat diproyeksikan bisa membela Timnas Indonesia.

Tak heran jika netizen Tanah Air menyerbunya, sayangnya tidak semua netizen memiliki adab dalam bersilaturahmi.

Bagaimana tidak, saking gerahnya dikaitkan dengan RMS, Gooijer memberi ultimatum kepada netizen yang terus menanyainya perihal masalah itu.

Baca Juga: Shin Tae-yong Didenda Ratusan Juta Karena Kritik AFC: Kok Anti Kritik

"Untuk kalian yang tetap bertanya, saya dan keluarga saya bukan RMS," tulis Tristan Gooijer.

Tulisan itu diunggah Tristan Gooijer lewat akun Istagram pribadi, unggahan itu disertai emotikon love dan Bendera Merah Putih.

Perihal naturalisasi Gooijer, sang pemain sempat mengaku pernah ditawari PSSI namun ada situasi yang tak bisa dijelaskannya yang menghalangi.

"PSSI pernah menghubungi saya, tapi saya belum mendalami situasinya," ucap Tristan Gooijer.

"Kita ngobrol dengan baik. Tapi aku belum mendalami situasinya. Dulu aku pernah post bendera Indonesia di bio instagramku."

"Karena aku pikir aku ada darah Indonesia. Dan aku dikasih tahu dari keluargaku kalau Maluku beda dari Indonesia," imbuhnya.

Lantas bagaimana dengan kelanjutannya? menarik untuk dinantikan lebih lanjut, apakah Tristan benar-benar akan dinaturalisasi atau tidak.

Sementara Sumardji selaku Ketua Badan Tim Nasional (BTN) memastikan akan adanya pemain tambahan untuk Timnas Indonesia jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #risih #ditanya #netizen #tristan #gooijer #tegaskan #dirinya #bukan

KOMENTAR