Disebut Bakal Jadi Klub Baru Marselino Ferdinan, Oxford United Punya Siapa?
Oxford United promosi ke Divisi Championship Liga Inggris. [Oxford United]
10:36
28 Juni 2024

Disebut Bakal Jadi Klub Baru Marselino Ferdinan, Oxford United Punya Siapa?

Kontrak Marselino Ferdinan bersama dengan klub Belgia, KMSK Deinze, akan berakhir pada 30 Juni 2024 mendatang. Gelandang Timnas Indonesia ini dikabarkan akan bergabung dengan klub kasta kedua Liga Inggris, Divisi Championship, Oxford United. Lantas Oxford United punya siapa?

Klub asal Belgia itu tampak tidak akan memperpanjang kontraknya dengan wonderkid jebolan Persebaya Surabaya tersebut. Sebelumnya, beredar kabar jika gelandang berusia 19 tahun ini mendapat tawaran dari sejumlah klub Inggris dan Prancis. Namun Marselino Ferdinan disebut berpeluang masuk Oxford United.

Oxford United Punya Siapa?

Pemilik Oxford United, Anindya Bakrie (kedua dari kiri). [Istimewa]Pemilik Oxford United, Anindya Bakrie (kedua dari kiri). [Istimewa]

Oxford United merupakan klub sepakbola yang mayoritas sahamnya dikuasai oleh Erick Thohir dan Anindya Bakrie sejak bulan September 2022 lalu. Kala itu, Erick dan Anindya mengambil alih mayoritas saham dari seorang pengusaha Thailand, Sumrith Thanakarnjanasuth, yang kini telah beralih menjadi pemilik saham minoritas.

Baca Juga: Timnas Indonesia Gabung Grup Neraka, Erick Thohir: Jangan Kasih Kendor... Bola Itu Bundar

Sebagai informasi, Oxford United bukanlah klub baru maupun klub muda yang baru saja merumput di tanah Inggris. Sebaliknya, Oxford adalah merupakan klub tua yang berdiri sejak 131 tahun silam tepatnya pada tahun 1893.

Sejak awal terbentuk hingga kini, klub yang bermarkas di Stadion Kassam itu tercatat pernah tampail dalam kompetisi kasta tertinggi Inggris, yaitu First Division pada era 1980-an. Tak hanya itu, Oxford juga beberapa kali berpindah kasta di kompetisi kasta kedua, ketiga, serta keempat.

Kemudian di musim 1984/1985, Oxford United tercatat pernah menjadi juara Divisi Dua. Selain itu, klub yang identik dengan warna kuning ini juga pernah menjurai Piala Liga pada tahun 1986 silam.

Setelah lama tidak mencatatkan kemenangan, Oxford United, secara resmi mengamankan tiket promosi ke kasta kedua Liga Inggris, Championship lewat babak playoff League One. Torehan prestasi ini menjadi yang pertama bagi Oxford usai lebih dari dua dekade berkompetisi di bawah kasta keduanya.

Diketahui Oxford United resmi naik kasta setelah menang dengan perolehan skor akhir 2-0 ketika menghadapi Bolton Wanderers di Stadion Wembley, London, Inggris, Sabtu (19/5/2024) lalu. Apabila mengacu pada klasemen reguler, Oxford United finis di urutan kelima dengan catatan 77 poin.

Baca Juga: Stafsus Erick Thohir Tepis Isu Pembubaran 6 BUMN, Jadi Nasibnya Gimana?

Berkat kemenangannya ini, sang pelatih, Des Buckingham sukses mencetak sejarah bagi Oxford United lantaran mampu mengantar klub untuk kembali berlaga dalam Championship setelah 25 tahun tidak tampil. 

Jika perpindahan Marselino Ferdinan ke Oxford United terealisasi, maka ia berpeluang duet dengan mantan gelandang Liverpool, Max Woltman.

Berdasarkan data Transfermarket, sejak didatangkan dari Persebaya Surabaya, Marceng, sapaan akrabnya tercatat hanya tampil dalam 3 pertandingan KMSK Deinze. Itu pun tampil hanya dari bangku cadangan.

Berdasarkan penjelasan di atas telah terjawab, Oxford United punya siapa. Pemiliknya adalah dua pengusaha sukses asal Indonesia yaitu Erick Thohir dan Anindya Bakrie. Salah satunya adalah Ketua Umum PSSI.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #disebut #bakal #jadi #klub #baru #marselino #ferdinan #oxford #united #punya #siapa

KOMENTAR