Kabar Duka! Ibunda Pele Meninggal Dunia pada Usia 101 Tahun
Kabar Duka! Ibunda Pele Meninggal Dunia pada Usia 101 Tahun [Instagram]
18:48
25 Juni 2024

Kabar Duka! Ibunda Pele Meninggal Dunia pada Usia 101 Tahun

Kabar duka datang dari sepak bola. Ibu dari legenda Brasil, Pele, Dona Celeste meninggal dunia pada usia 101 tahun pada Jumat akhir pekan lalu, 21 Juni 2024.

Dilansi dari AP, penyebab wafatnya ibunda Pele tidak diumumkan pihak keluarga. Namun dalam lima tahun terakhir, Celeste dalam kondisi vegetatif.

"Perasaan campur aduk. Kami sangat berduka atas kepergian 'Celestinha' begitu putranya memanggilanya dengan penuh kasih sayang," tulis pernyataan Yayasan Pele.

"Dona Celeste adalah ibu ratu dan akan selalu dikenang dengan penuh kasih di hati dan ingatan kami,"

Baca Juga: Copa America 2024: Brasil Ditahan Imbang Kosta Rika, Ini Penyebabnya!

"Di balik setiap idola yang kita kenal ada seeorang ibu yang memberikan dukungan untuk bisa mencapai impian anaknya,"

Tak hanya pihak Yayasan Pele, ucapan duka juga diumumkan klub Brasil, Santos. "Ibu dari raja abadi kita telah tiada,"

"Ia memiliki kisah hidup yang menginspirasi selama 101 tahun. Seorang wanita kulit hitam yang menghadapi kesulitan hidup demi kebaikan keluarga," tulis pernyataan Santos.

Celeste Arantes melahirkan Pele pada Oktober 1940. Pele meninggal dunia akibat kanker usus pada Desember 2022, sebulan setelahnya sang ibu merayakan ulang tahun ke-100.

Celeste dilaporkan tidak pernah diberitahu oleh pihak keluarga bahwa putra kebanggaanya itu telah meninggal dunia. Keputusan ini diambil pihak keluarga mengingat kondisi kesehatan ibu Pele.

Baca Juga: Hasil Copa America 2024: Kosta Rika Habis-habisan Tahan Gempuran Brasil, Mandul Gol

"Kami berbicara tetapi dia tidak mengetahui situasinya. Dia berada di dunianya sendiri," ucap Maria Lucia do Nascimento, saudara kandung Pele seperti dilansir dari Daily Star.

"Dia membuka matanya ketika saya menyebut nama (Pele) dan berkata, 'kita akan berdoa untuknya', tetapi dia tidak benar-benar menyadari apa yang saya katakan," lanjut Maria.

Dona Celeste kelahiran 20 November 1922. Ia menikah dengan Dodinho. Pasangan suami istri ini memiliki tiga orang anak, Pele, Maria dan Zoca.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #kabar #duka #ibunda #pele #meninggal #dunia #pada #usia #tahun

KOMENTAR