Jordi Amat Bisa Bela Timnas Indonesia, Kenapa Maarten Paes Sulit?
Maarten Paes Saat Membela Klub FC Dallas. (instagram.com/maartenpaes)
20:06
21 Juni 2024

Jordi Amat Bisa Bela Timnas Indonesia, Kenapa Maarten Paes Sulit?

Sengkarut masalah Maarten Paes yang hingga saat ini masih belum bisa membela Timnas Indonesia meski sudah berstatus WNI, padahal kasus yang sama pernah terjadi dengan Jordi Amat.

Hal ini diungkapkan langsung oleh eks Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, yang menyebut kasus Maarten Paes sebelumnya pernah terjadi di Timnas Indonesia.

Saat itu kasus ini menimpa Jordi Amat, dipertanyakan kepindahan federasinya dari Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) ke PSSI.

Sementara untuk kasus Maarten Paes, sosoknya pernah bermain untuk Timnas Belanda U-22 pada November 2020 lalu.

Baca Juga: Live Streaming Timnas Indonesia U-16 vs Singapura: Dukung Garuda Muda Menuju Puncak Juara!

Kondisi tersebut mengakibatkan sang pemain urung pindah federasi karena terganjal regulasi FIFA yang hanya mengizinkan perpindahan federasi untuk pemain di bawah usia 21 tahun.

Hasani mengaku tidak mengetahui secara persis apa kasus Maarten Paes, ia hanya bisa menganalisa dari statement federasi.

Dari analisa itu didapat sedikit celah atau peluang yang bisa diambil PSSI untuk beradu argumen dengan FIFA.

"Saya tidak tahu persis bagaimana kasus Maarten paes, tapi kalau dilihat statement federasi, dia main november setelah aturan tersebut berlaku," ucap Hasani.

"Tapi sebenarnya dia harusnya main Maret, karena (pandemi) Covid-19 itu ditunda ke November, itu yang saya baca dan jadi argumentasi," imbuhnya.

Baca Juga: Harga Pasar Daniel Klein, Kiper Keturunan 191 Cm yang Nyatakan Siap Bela Timnas Indonesia

Pernyataan ini diucapkan secara langsung oleh Hasani Abdulgani lewat kanal YouTube Hasani's Corner, dalam video yang diunggah pada Minggu (9/6/2024).

Yang jadi masalah saat ini adalah riwayat bermain Maarten Paes untuk Timnas Belanda U-21 di Kualifikasi Euro U-21 2020.

Meski begitu, ajang tersebut mengalami penundaan akibat munculnya pandemi Covid-19 dan akhirnya digelar setahun kemudian atau tahun 2021.

Dan ternyata, menurut Hasani kejadian yang sama pernah terjadi terhadap pemain keturunan Spanyol yang saat ini membela Timnas Indonesia.

"Di era saya ada kasus yang sama, Jordi Amat. Dia sudah pernah bermain di Spanyol U-22, aturan itu kan berlaku untuk pemain U-21," ujar Hasani.

"Setelah kita bertanya pada FIFA, ternyata Jordi bermain sebelum November itu dan ada salah baca. Itu kan peraturan baru kalau U-21 tidak bisa pindah federasi," imbuhnya.

Satu celah lain yang dilihat Hasani dari kasus Maarten Paes adalah statusnya dengan satu kewarganegaraan Belanda sebelum resmi menjadi WNI.

Namun, Hasani tidak mengetahyi secara pasti mengapa kasus Maarten Paes harus sampai di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

"Maarten Paes hanya pegang satu paspor, Belanda, artinya itu masih kemungkinan," kata Hasani.

"Kenapa tidak langsung ngomong ke legal FIFA, kenapa model kami ketika Jordi Amat dan ngomong langsung pada legal FIFA," imbuhnya.

Apa yang dipertanyakan Hasani, bisa jadi ada di dalam benak fan Timnas Indonesia saat ini, menarik dinantikan bagaimana kelanjutan drama ini.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #jordi #amat #bisa #bela #timnas #indonesia #kenapa #maarten #paes #sulit

KOMENTAR