Pelatih Malaysia Puji Kehebatan Timnas Indonesia, Takut Semakin Tertinggal
Pelatih Timnas Malaysia Kim Pan-gon hadiri jumpa pers jelang laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Bukit Jalil, Jumat (6/1/2023). [Foto: AFF]
10:06
14 Juni 2024

Pelatih Malaysia Puji Kehebatan Timnas Indonesia, Takut Semakin Tertinggal

Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon, memuji perkembangan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong yang memadukan antara pemain keturunan dengan lokal.

Malaysia dipastikan tersingkir dari Kualifikasi Piala Dunia 2026. Meski menang lawan Chinese Taipei dengan skor 3-1, Harimau Malaya tetap finis di urutan ketiga dengan koleksi 10 poin.

Kim Pan-gon merasa perlu pembibitan yang bagus seperti Jepang dan Korea Selatan supaya malaysia memiliki timm nasional yang tangguh.

Namun, cara itu mungkin akan membutuhkan waktu yang lama. Ia pun menyarankan agar Malaysia mengikuti jejak timnas Indonesia dengan melakukan naturalisasi pemain keturunan.

Baca Juga: Jelang Piala AFF U-16 2024, Persiapan Timnas Indonesia Sentuh 75 Persen

"Upaya lain mungkin kita bisa mencontoh pelatih Indonesia untuk terbang ke Eropa mencari pemain naturalisasi. Tapi bagi saya yang paling penting adalah sistem pengembangan yang menghasilkan pemain lokal terbaik," jelas Kim Pan-gon.

Kim Pan-gon tak ragu memuji Timnas Indonesia yang segera akan menjadi tim terbaik di Asia Tenggara. Ia menegaskan wajib untuk mengejar supaya tak tertinggal.

"Upaya selanjutnya adalah strategi bersaing dengan tim lain. Bagi saya Indonesia akan menjadi tim terbaik dengan apa yang sudah mereka lakukan, tapi Malaysia harus menantang mereka," sambungnya.

Adapun timnas Indonesia sendiri memang sedang melonjak. Skuad Garuda jadi satu-satunya tim ASEAN yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Keberhasilan tidak terlepas dari peran Shin Tae-yong yang menambah pemain-pemain keturunan Indonesia yang bangga membela Garuda di dada.

Baca Juga: Erick Thohir Gelar Pertemuan Serius dengan STY, Apa yang Dibahas?

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pelatih #malaysia #puji #kehebatan #timnas #indonesia #takut #semakin #tertinggal

KOMENTAR