5 Kandidat Peraih Sepatu Emas Euro 2024, Ronaldo Bukan Lagi Nomor Satu
Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo melambaikan tangan menyapa fans setelah Portugal memastikan kemenangan 2-0 atas Uruguay di laga penyisihan Grup H Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Qatar, Senin waktu setempat (28/11/2022) (AFP/GLYN KIRK)
07:00
14 Juni 2024

5 Kandidat Peraih Sepatu Emas Euro 2024, Ronaldo Bukan Lagi Nomor Satu

Akhir pekan ini pesta sepak bola empat tahunan Eropa, Euro 2024, akan bergulir dan striker-striker kenamaan benua biru akan mengerahkan kemampuan terbaik mereka demi predikat paling mematikan di Jerman tahun ini.

Salah satu dari striker terbaik yang dimiliki Eropa saat ini yang akan berlaga di Euro 2024 adalah Cristiano Ronaldo. Kapten timnas Portugal itu merupakan top skor di edisi sebelumnya dengan lima gol, yang membuatnya diganjar penghargaan golden boot atau sepatu emas.

Di Euro 2024, Ronaldo yang sudah berusia 39 tahun diprediksi bakal mencoba tampil maksimal dan menambah pundi golnya. Sebagaimana diketahui, CR7 tercatat sebagai top skor Euro dengan koleksi 14 gol dari lima gelaran Piala Eropa.

Namun di edisi ke-17 ini, target Ronaldo untuk meraih sepatu emas tidak akan mudah. Karena sejumlah striker yang lebih muda berpeluang untuk menjegal kapten Portugal itu.

Baca Juga: Daftar Top Skor Piala Eropa: Cristiano Ronaldo Masih yang Tersubur, Rekornya Sulit Dipatahkan di Euro 2024

Salah satu kandidat adalah striker asal Inggris, Harry Kane, yang kini sudah mengemas empat gol di ajang Euro. Selain itu juga ada bomber jangkung asal Polandia, Robert Lewandowski yang sudah mengoleksi lima gol di putaran final Piala Eropa.

Berikut lima striker terbaik yang berpeluang meraih penghargaan sepatu emas di Euro 2024 menurut Sportskeeda.

Striker Inggris #09 Harry Kane melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Italia pada laga grup C kualifikasi Euro 2024 antara Inggris dan Italia di Wembley, London, pada 17 Oktober 2023.Glyn KIRK / AFPStriker Inggris #09 Harry Kane melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Italia pada laga grup C kualifikasi Euro 2024 antara Inggris dan Italia di Wembley, London, pada 17 Oktober 2023.Glyn KIRK / AFP

1. Harry Kane (Inggris)

Nama yang menempati posisi pertama adalah Harry Kane, kandidat utama peraih gelar Bola Emas tahun ini. Musim ini, penyerang berusia 30 tahun itu mencetak 44 gol dan 12 assist dalam 45 pertandingan bersama Bayern. Sayangnya, performa Kane di atas belum cukup membantunya meraih gelar apa pun.

Oleh karena itu, Kane pasti ingin naik takhta pada musim panas ini. Hal ini juga menjadi dambaan seluruh suporter The Three Lions yang dalam sejarahnya belum pernah meraih gelar juara Euro. Untuk mewujudkan impian tersebut, Kane dan rekan satu timnya harus menunjukkan 100% kemampuannya.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Lempar Kode Pensiun, Bersyukur Bisa Tampil di Euro 2024 pada Usia 39 Tahun

(Dari Kanan) Gelandang Portugal Adrien Silva, gelandang Portugal Joao Mario, gelandang Portugal Andre Gomes, gelandang Portugal Joao Moutinho, penyerang Portugal Cristiano Ronaldo, bek Portugal Pepe, penyerang Portugal Ricardo Quaresma dan bek Portugal Bruno Alves berpose dengan trofi saat mereka merayakannya. mengalahkan Prancis pada pertandingan final sepak bola Euro 2016 di Stade de France di Saint-Denis, utara Paris, pada 10 Juli 2016.PHILIPPE DESMAZES / AFP(Dari Kanan) Gelandang Portugal Adrien Silva, gelandang Portugal Joao Mario, gelandang Portugal Andre Gomes, gelandang Portugal Joao Moutinho, penyerang Portugal Cristiano Ronaldo, bek Portugal Pepe, penyerang Portugal Ricardo Quaresma dan bek Portugal Bruno Alves berpose dengan trofi saat mereka merayakannya. mengalahkan Prancis pada pertandingan final sepak bola Euro 2016 di Stade de France di Saint-Denis, utara Paris, pada 10 Juli 2016.PHILIPPE DESMAZES / AFP

2.Cristiano Ronaldo (Portugal)

Musim lalu, Ronaldo mencetak lebih dari 50 gol di semua kompetisi namun “hanya” menempati peringkat ke-2 dalam daftar ini. Pada pagi hari tanggal 12 Juni, Ronaldo menunjukkan bahwa dia siap untuk Euro 2024 dengan dua gol indah melawan rivalnya Irlandia di laga persahabatan.

Kini berusia 39 tahun, Ronaldo telah menunjukkan performa luar biasa, menghilangkan keraguan akan berakhirnya masa jabatannya. CR7 akan mencetak rekor sebagai pemain pertama yang mengikuti Euro sebanyak 6 kali. Superstar asal Portugal itu pasti ingin merayakan tonggak sejarah tersebut dengan kejuaraan bergengsi.

Pemain Polandia Robert Lewandowski rayakan golnya ke gawang Arab Saudi dalam pertandingan Grup C Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Educational City Stadium, Sabtu (26/11/2022). [AFP]Pemain Polandia Robert Lewandowski rayakan golnya ke gawang Arab Saudi dalam pertandingan Grup C Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Educational City Stadium, Sabtu (26/11/2022). [AFP]

3. Robert Lewandowski (Polandia)

Lewandowski adalah striker terbaik yang pernah ada di dunia sepak bola dalam 15 tahun terakhir. Di Barcelona, performa Lewandowski terbilang menurun dibandingkan saat berada di Bayern Munich, namun sang striker masih mengoleksi 59 gol dan 17 assist setelah 95 penampilan.

Di timnas, Lewandowski juga mencetak 82 gol dalam 149 penampilan. Namun, tim Polandia sedang dalam masa transisi dan belum dalam kondisi terbaik. Sebagai kapten, Lewandowski perlu menunjukkan keberaniannya dalam partisipasi terakhirnya di turnamen tersebut.

Penyerang Timnas Belgia, Romelu Lukaku. [FRANCK FIFE / AFP]Penyerang Timnas Belgia, Romelu Lukaku. [FRANCK FIFE / AFP]

4. Romelu Lukaku (Belgia)

Meski sering ditertawakan karena kerap membuat kesalahan, Lukaku tetap menjadi nama yang prestisius di lini serang. Pemain berusia 31 tahun sejauh ini sudah mencetak 85 gol hanya dalam 115 pertandingan untuk Belgia. Jika performanya tetap dipertahankan, Lukaku akan segera mencapai angka 100 gol internasionalnya.

Di kualifikasi Euro, Lukaku juga meraih gelar top skorer dengan 14 gol dalam 8 pertandingan. Musim ini berseragam Roma, Lukaku langsung mencetak 21 gol. Di Jerman, pemain ini akan tetap menjadi nama pemimpin serangan tim Belgia.

Penyerang Red Bull Salzburg asal Slovenian Benjamin Sesko mengontrol bola dalam pertandingan Liga Champions Grup G lawan Sevilla di Salzburg, Austria pada 8 Desember 2021. ANTARA/AFP/JOE KLAMARPenyerang Red Bull Salzburg asal Slovenian Benjamin Sesko mengontrol bola dalam pertandingan Liga Champions Grup G lawan Sevilla di Salzburg, Austria pada 8 Desember 2021. ANTARA/AFP/JOE KLAMAR

5. Benyamin Sesko (Slovenia)

Bergabung di tim yang tidak berperingkat tinggi seperti Slovenia, peran Sesko akan sangat berat. Namun, pemain yang saat ini masuk dalam daftar gaji Leipzig telah menunjukkan bahwa ia mampu memenuhi ekspektasi tersebut.

Musim lalu, penyerang berusia 21 tahun itu mencetak 18 gol di semua kompetisi, menunjukkan potensinya untuk berkembang di masa depan. Di babak kualifikasi, pemain ini juga menyumbangkan 5 gol dan 2 assist untuk tim tuan rumah. Raksasa besar Eropa seperti Arsenal, Chelsea atau MU semuanya meminati pemain ini.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #kandidat #peraih #sepatu #emas #euro #2024 #ronaldo #bukan #lagi #nomor #satu

KOMENTAR