6 Hal yang Perlu Diketahui soal Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia
Pemain Timnas Indonesia melakukan sesi foto sebelum pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
17:00
12 Juni 2024

6 Hal yang Perlu Diketahui soal Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

Timnas Indonesia berhasil meloloskan diri ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Ini menjadi sejarah karena untuk pertama kalinya Garuda lolos sejauh ini di babak kualifikasi.

Kepastian Indonesia lolos ini didapatkan usai mengalahkan Filipina pada matchday terakhir Grup F, Selasa (11/6/2024), di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Dua gol kemenangan Timnas Indonesia masing-masing dicetak oleh Thom Haye dan Rizky Ridho yang bikin Indonesia finis sebagai runner-up Grup F.

Indonesia menyusul Irak yang sudah dipastikan lebih dulu lolos usai memuncaki klasemen. Lantas, apa saja yang perlu Anda ketahui soal putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia?

Baca Juga: 3 Negara dengan Ranking FIFA yang Terendah Lolos Putaran Ketiga, Ada Timnas Indonesia

1. Jumlah Tim

Untuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia diisi oleh 18 tim yang lolos dari putaran kedua. Hanya juara dan runner-up grup di putaran kedua yang bisa lolos ke babak ini.

Ke-18 negara itu mayoritas masih diisi oleh tim-tim favorit dan langganan masuk Piala Dunia seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, Qatar, Arab Saudi, Uzbekistan, Irak, dan Iran.

Ada juga negara-negara kuat seperti China, Bahrain, Oman, Yordania, Kirgistan, Uni Emirat Arab, Korea Utara dan Kuwait. Sementara Palestina dan Indonesia menjadi dua tim debutan yang berhasil lolos pertama kali ke putaran ketiga.

2. Pembagian Grup

Baca Juga: Pesan Nyeleneh Klub Maarten Paes Ikut Rayakan Kelolosan Timnas Indonesia

Dari 18 tim peserta di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, nantinya mereka akan di bagi ke dalam tiga grup (A,B, dan C) dengan masing-masing berisi 6 tim.

3. Drawing

Drawing atau undian untuk penentuan penghuni masing-masing grup bakal berlangsung pada 27 Juni 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sebelum dilakukan undian, masing-masing tim bakal dibagi menjadi 6 pot sesuai dengan peringkat FIFA saat ini. Jepang, Iran, dan Korea Selatan menghuni Pot 1 karena ranking mereka tertinggi di Asia.

Sementara Timnas Indonesia, berada di Pot 6 bersama Korea Utara dan Kuwait sebagai tim dengan ranking FIFA paling rendah di putaran ketiga.

4. Format Pertandingan

Masing-masing tim di setiap grup akan saling berhadapan dengan format kandang-tandang (home-away). Artinya setiap tim akan memainkan total 10 pertandingan di ronde ketiga.

5. Ketentuan Lolos

Dua tim peringkat teratas di masing-masing grup akan langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Sementara peringkat ketiga dan keempat setiap grup akan melanjutkan persaingan di putaran keempat.

6. Jadwal Pertandingan

Pertandingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia semuanya akan berlangsung saat kalender FIFA yang dimulai pada 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #yang #perlu #diketahui #soal #putaran #ketiga #kualifikasi #piala #dunia #2026 #zona #asia

KOMENTAR