3 Negara dengan Ranking FIFA yang Terendah Lolos Putaran Ketiga, Ada Timnas Indonesia
Pemain Timnas Indonesia Thom Haye berselebrasi usai mencetak gol dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
14:30
12 Juni 2024

3 Negara dengan Ranking FIFA yang Terendah Lolos Putaran Ketiga, Ada Timnas Indonesia

Berikut tiga negara dengan ranking FIFA terendah yang berhasil lolos putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di mana salah satunya adalah Timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia telah berakhir per Rabu (12/6) dini hari WIB.

Total 18 dari 36 negara yang bertarung di putaran kedua telah memastikan satu tempat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Di putaran ketiga ini, AFC selaku penyelenggara akan membagi 18 negara yang lolos ke dalam tiga grup. Nantinya, masing-masing grup akan berisikan enam negara.

Baca Juga: Pesan Nyeleneh Klub Maarten Paes Ikut Rayakan Kelolosan Timnas Indonesia

Guna membagi 18 negara ke dalam tiga grup tersebut, AFC telah membagi 18 negara itu ke dalam enam pot sesuai ranking FIFA masing-masing negara.

Usai dibagi ke dalam enam pot, AFC baru akan menggelar Drawing untuk pembagian grup putaran ketiga. Rencananya, Drawing tersebut akan digelar pada 27 Juni 2024 mendatang.

Mengingat pembagian pot untuk Drawing putaran ketiga berdasarkan ranking masing-masing negara, menarik untuk melihat tiga negara yang punya ranking FIFA terendah dan lolos ke babak ini.

Kira-kira, negara mana saja yang punya ranking FIFA terendah dan berhasil melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia? Berikut daftarnya.

3. Kuwait (139)

Baca Juga: Tak Seapes Anang, Nasib Penyanyi Ini saat Kejutkan Fans Timnas di GBK Lebih Mujur

Kuwait menjadi negara dengan ranking FIFA terendah yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Berdasarkan ranking per April 2024, mereka berada di peringkat ke-139.

Meski begitu, Kuwait kabarnya akan naik ke peringkat ke-137 usai mendapat tambahan 12,96 poin di laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kuwait sendiri berhasil lolos ke putaran ketiga dengan status Runner Up grup A di belakang Qatar dengan mengoleksi tujuh poin.

2. Timnas Indonesia (134)

Timnas Indonesia menjadi negara dengan ranking FIFA terendah kedua di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini. Saat ini, skuad Garuda berada di peringkat ke-134.

Ranking Timnas Indonesia tak mengalami perubahan sama sekali setelah tumbang dari Irak dan berhasil meraih kemenangan atas Filipina di dua laga terakhir putaran kedua.

Timnas Indonesia sendiri berhasil lolos ke putaran ketiga dengan status Runner Up grup F dengan mengantongi 10 poin, terpaut delapan poin dari Irak selaku juara grup.

1. Korea Utara (118)

Korea Utara melengkapi tiga negara dengan ranking FIFA terendah di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan duduk di posisi ke-118.

Korea Utara akan menemani Kuwait dan Timnas Indonesia di pot enam Drawing putaran ketiga pasca lolos sebagai Runner Up grup B di belakang Jepang.

Pada update ranking terbaru nanti, Korea Utara kabarnya akan naik ke peringkat 110 dan membuat mereka menjadi tim Asia dengan peningkatan ranking terbaik di FIFA Matchday Juni 2024 ini.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #negara #dengan #ranking #fifa #yang #terendah #lolos #putaran #ketiga #timnas #indonesia

KOMENTAR