Pesan Nyeleneh Klub Maarten Paes Ikut Rayakan Kelolosan Timnas Indonesia
Calon kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes (kanan atas) berpose bersama rekan-rekannya di FC Dallas jelang laga kontra LA Galaxy dalam lanjutan Major League Soccer (MLS) 2024, Kamis (30/5/2024) siang WIB. [Dok. FC Dallas]
14:18
12 Juni 2024

Pesan Nyeleneh Klub Maarten Paes Ikut Rayakan Kelolosan Timnas Indonesia

FC Dallas yang kini diperkuat kiper Maarten Paes, memberikan pesan nyeleneh saat merayakan kelolosan Timnas Indonesia ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Klub Major League Soccer (MLS) itu menulis kata "Kelas" dengan tiga emotikon api dalam unggahan foto akun Timnas Indonesia di media sosial X.

Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran ketiga setelah mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 dalam matchday terakhir Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dalam pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Garuda tampil dominan dengan mencetak satu gol di masing-masing babak lewat Thom Haye dan Rizky Ridho.

Baca Juga: Momen Nathan Tjoe-A-On Ketawain Thom Haye yang Nyungsep saat Selebrasi

Kemenangan ini membuat skuad Garuda finis sebagai runner-up Grup F dengan koleksi 10 poin. Mereka pun berhak menemani pemuncak klasemen Irak ke fase selanjutnya.

Dalam laga tersebut, kiper Maarten Paes tidak bermain. Dia tidak masuk skuad karena belum memenuhi syarat untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Paes memang telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah mengambil sumpah pada 30 April 2024 lalu.

Namun, dia belum bisa membela skuad Garuda karena proses perubahan asosiasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia) masih terganjal aturan FIFA.

Paes dianggap tidak memenuhi syarat FIFA untuk mengubah asosiasi karena masalah usia saat kali terakhir membela timnas Belanda kelompok umur.

Baca Juga: Rapor Merah Lini Depan Timnas Indonesia Saat Hadapi Filipina, STY Kirim Sinyal Rombak Pemain

Kiper yang pernah jadi bagian FC Utrecht itu sempat membela Belanda U-21 di Kualifikasi EURO U-21 2021 saat usianya sudah menginjak 22 tahun.

Hal itu terjadi ketika Belanda U-21 menghadapi Belarusia U-21 pada 15 November 2020 lalu di mana Paes mendapat kesempatan untuk tampil sebagai starter di bawah mistar gawang Jong Oranje.

Saat itu, Maarten Paes yang lahir pada 14 Mei 1998 tersebut sudah berusia 22 tahun. Situasi itu bikin Paes tak lagi memenuhi syarat artikel 9 ayat 2 peraturan FIFA soal pergantian asosiasi.

Dalam artikel 9 ayat 2 peraturan FIFA soal pergantian asosiasi, disebutkan seorang pesepak bola bisa berganti tim nasional jika berusia di bawah 21 tahun saat kali terakhir membela negara pertamanya baik di level junior maupun senior dalam pertandingan resmi.

Selain itu, sang pemain juga tidak memiliki caps lebih dari tiga kali di tim nasional pertamanya dan wajib tidak tampil membela tim nasional pertamanya di kompetisi level "A" dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Meski terganjal aturan, PSSI diketahui terus berusaha agar Maarten Paes bisa memperkuat Timnas Indonesia. Mereka disebut telah menempuh jalur hukum dan membawa sengketa ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga atau CAS.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pesan #nyeleneh #klub #maarten #paes #ikut #rayakan #kelolosan #timnas #indonesia

KOMENTAR