Gondol Sepatu Emas BRI Liga 1, David da Silva Pilih Merendah
Penyerang Persib Bandung, David da Silva jadi top skor BRI Liga 1 2023/2024 dengan torehan total 30 gol. [dok. Persib]
15:06
3 Juni 2024

Gondol Sepatu Emas BRI Liga 1, David da Silva Pilih Merendah

Bomber andalan Persib Bandung, David da Silva berhak mendapatkan penghargaan individual prestisius, Sepatu Emas BRI Liga 1 2023/2024. Dengan torehan 30 gol di sepanjang musim, pemain asal Brasil itu tampil sebagai predator paling mematikan di kompetisi kasta tertinggi Indonesia musim ini.

Dengan 26 gol di musim reguler, plus 4 gol tambahan di babak Championship Series, ketajaman David da Silva musim ini tak terbantahkan meski usianya sudah tak muda lagi, 34 tahun.

Tak hanya jadi top skor, David juga tentu berjasa besar membawa Persib keluar sebagai kampiun Liga 1 musim ini.

Untuk David, gelar juara ini menjadi yang pertama sejak berkarier di Liga Indonesia pada 2018 silam. Makin lengkap tentunya dengan tambahan penghargaan sebagai pencetak gol terbanyak. 

Baca Juga: Hasil Sidang Komdis PSSI Terbaru: Tim Juara Persib Kena Sanksi Ratusan Juta

Terkait kesuksesannya ini, David memilih merendah. "Mencetak gol adalah tugas saya sebagai striker. Itu memang pekerjaan saya," ucapnya seperti dikutip laman Liga Indonesia Baru, Senin (3/6/2024).

"Sayangnya, sebelumnya dua kali saya harus kalah dalam persaingan top skor," imbuh eks bomber Persebaya Surabaya tersebut.

Tahun 2018 lalu saat berkostum Persebaya, David kalah saing dari Aleksandar Rakic pada perburuan pencetak gol terbanyak. 

Kemudian di musim 2022/2023, David yang sudah berkostum Persib mampu mencatat 24 gol dari 33 laga Liga 1. Namun, lagi-lagi dia kalah saing dengan Matheus Pato (Borneo FC) yang mampu mencetak 25 gol. 

"Inilah sepak bola. Sekarang, saya sudah bisa meraihnya. Saya senang akhirnya juara dan menjadi top skor," tukas David da Silva.

Baca Juga: Konsisten Sepanjang Musim, Bojan Hodak: Persib Memang Layak Juara BRI Liga 1, Tak Ada Keraguan!

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #gondol #sepatu #emas #liga #david #silva #pilih #merendah

KOMENTAR