Melihat Deretan Kiper yang Bisa Jadi Pilihan di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Siapa Terbaik?
Ernando Ari Saat Berseragam Timnas Indonesia (pssi.org)
11:30
15 Mei 2024

Melihat Deretan Kiper yang Bisa Jadi Pilihan di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Siapa Terbaik?

Ketika Timnas Indonesia menghadapi lanjutan putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, posisi penjaga gawang menjadi salah satu sektor yang dinantikan komposisinya.

Shin Tae-yong akan memiliki lebih banyak pilihan saat Timnas Indonesia menghadapi dua pertandingan terakhir di Grup F, melawan Irak dan Filipina pada 6 dan 11 Juni 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Persaingan kiper Timnas Indonesia semakin sengit setelah kehadiran Maarten Paes, sehingga menarik untuk melihat siapa yang akan dipercayakan oleh Shin Tae-yong pada dua laga ini.

Maarten Paes (pssi.org)Maarten Paes (pssi.org)

Ernando Ari Masih Kandidat Kuat

Jika Maarten Paes telah memenuhi syarat untuk bergabung dengan Timnas Indonesia, ia akan menjadi pesaing utama bagi kiper Persebaya Surabaya, Ernando Ari Sutaryadi.

Ernando telah menjadi pilihan utama Shin Tae-yong sejak pertandingan melawan Argentina pada FIFA Matchday Juni 2023. Sejak itu, ia telah menjadi starter secara konsisten di bawah mistar gawang.

Ernando telah menjadi pilihan utama dalam beberapa turnamen, termasuk awal Kualifikasi Piala Dunia 2026, Piala Asia 2023, dan Piala Asia U-23 2024.

Dengan kedatangan Maarten Paes, dia akan menghadapi persaingan ketat untuk mempertahankan kepercayaan tim pelatih.

Maarten Paes Masih Menunggu Administrasi

Duel melawan Irak dan Filipina akan menjadi momen besar bagi Maarten Paes untuk membuat debutnya bersama Timnas Indonesia setelah resmi menjadi WNI pada 30 April 2024.

Namun, proses peralihan federasi dari KNVB ke PSSI masih berlangsung, yang perlu diselesaikan sebelum Maarten Paes dapat memperkuat skuad Garuda di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

PSSI belum memberikan kepastian mengenai kelanjutan kabar tersebut, dengan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menahan diri dalam memberikan komentar tentang perkembangan terbaru kasus tersebut.

Sejumlah Nama Menepi

Kehadiran Maarten Paes menempatkan beberapa penjaga gawang dalam ancaman kehilangan tempat, karena performa konsisten Ernando Ari.

Syahrul Trisna Fadillah, Muhammad Riyandi, dan Nadeo Argawinata adalah beberapa yang terkena dampaknya.

Mereka tidak mendapat kesempatan bermain sejak Piala Asia 2023, kalah bersaing dengan Ernando.

Bahkan, saat Ernando absen melawan Vietnam bulan lalu, kiper PSIS Semarang, Muhammad Adi Satryo, dipercaya sebagai penggantinya oleh Shin Tae-yong.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #melihat #deretan #kiper #yang #bisa #jadi #pilihan #kualifikasi #piala #dunia #2026 #siapa #terbaik

KOMENTAR