Fakta Menarik Nama Camara di Guinea, Pasaran Seperti Nguyen di Vietnam
Pelatih kepala Guinea Kaba Diawara (tengah) menyaksikan para pemain Guinea mengikuti sesi latihan di Lycee Technique di Abidjan pada 1 Februari 2024, menjelang pertandingan sepak bola perempat final Piala Afrika (CAN) 2024 melawan DR Kongo. Issouf SANOGO / AFP
15:30
9 Mei 2024

Fakta Menarik Nama Camara di Guinea, Pasaran Seperti Nguyen di Vietnam

Timnas Guinea U-23 akan menghadapi Timnas Indonesia U-23 dalam perebutan tiket terakhir Olimpiade 2024, Kamis (9/4/2024) malam WIB dengan memanggil 19 pemain. Pertandingan tersebut akan digelar di Clairefontaine, Paris.

Paling menonjol di antaranya adalah lima pemain dengan nama belakang Camara, yang membuatnya menjadi nama keluarga terbanyak dalam skuad.

Diikuti oleh tiga pemain dengan nama belakang Soumah dan dua dengan nama belakang Keita, yang merupakan nama umum di Afrika Barat.

Pelatih kepala Guinea Kaba Diawara (CR) berbicara dengan para pemainnya selama jeda pendinginan selama pertandingan sepak bola perempat final Piala Afrika (CAN) 2024 antara DR Kongo dan Guinea di Stadion Alassane Ouattara di Ebimpe, Abidjan pada 2 Februari 2024 .SIA KAMBOU / AFPPelatih kepala Guinea Kaba Diawara (CR) berbicara dengan para pemainnya selama jeda pendinginan selama pertandingan sepak bola perempat final Piala Afrika (CAN) 2024 antara DR Kongo dan Guinea di Stadion Alassane Ouattara di Ebimpe, Abidjan pada 2 Februari 2024 .SIA KAMBOU / AFP

Nama yang Cukup Umum

Menurut Dictionary of American Family Names, nama belakang Camara adalah nama yang umum di Afrika Barat, termasuk di negara tetangga Guinea seperti Senegal, Mali, dan Pantai Gading.

Nama Camara berasal dari marga etnis Mandinka dan berhubungan erat dengan suku Soninke.

Marga Camara ini mirip dengan marga lainnya seperti Fofana, Soumah, Keita, Bah, Traore, Toure, atau Cisse.

Seperti halnya beberapa marga etnis tertentu di Indonesia seperti Simanjuntak atau Nasution untuk marga Batak, dan Tambayong serta Karamoy untuk marga Minahasa atau Manado. Atau juga seperti Nguyen di Veitnam.

Beberapa pemain terkenal dengan marga tersebut, seperti Seydou Keita, Adama Traore, Yaya Toure, dan Djibril Cisse.

Guinea U-23, yang memiliki banyak pemain dengan marga yang sama, termasuk Camara, saat ini berusaha merebut tiket terakhir Olimpiade 2024 Paris.

Mereka akan bertanding melawan Timnas Indonesia U-23 di Centre National du Football, Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024) malam.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #fakta #menarik #nama #camara #guinea #pasaran #seperti #nguyen #vietnam

KOMENTAR