Borussia Dortmund Tantang Real Madrid di Final Liga Champions
Para pemain Borussia Dortmund merayakan gol ke gawang PSG pada laga semifinal Liga Champions di Paris, Prancis, Rabu (8/5/2024) dini hari WIB. [FRANCK FIFE / AFP]
05:48
9 Mei 2024

Borussia Dortmund Tantang Real Madrid di Final Liga Champions

Pertandingan semifinal Liga Champions musim 2023/24 baru saja usai pada hari Kamis, menghasilkan kepastian bahwa Borussia Dortmund akan berhadapan dengan Real Madrid yang telah 14 kali menjadi juara dalam laga final.

Final yang akan memperebutkan trofi prestisius tersebut dijadwalkan berlangsung di Stadion Wembley pada tanggal 2 Juni dini hari waktu Indonesia, seperti yang dilaporkan oleh situs resmi UEFA.

Borussia Dortmund mencapai babak final dengan mengeliminasi Paris Saint-Germain (PSG) dengan total skor agregat 2-0.

Kemenangan Dortmund di leg pertama tercapai dengan skor tipis 1-0, di mana Niclas Fullkrug menjadi pencetak gol tunggal di Stadion Signal Iduna Park pada tanggal 2 Mei.

Leg kedua yang diadakan di Parc des Princes pada tanggal 8 Mei juga dimenangkan oleh Dortmund dengan skor yang sama, 1-0, membawa mereka ke final Liga Champions untuk pertama kalinya sejak tahun 2013.

Di semifinal lainnya, Real Madrid berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Bayern Muenchen dalam pertandingan leg kedua yang berlangsung di Santiago Bernabeu pada hari Kamis dini hari waktu Indonesia, setelah kedua tim bermain imbang 2-2 di leg pertama.

Bayern unggul lebih dulu di menit ke-68 melalui gol dari Alphonso Davies, namun Real Madrid membalikkan keadaan menjelang akhir pertandingan.

Joselu, yang masuk sebagai pemain pengganti, berhasil mencetak dua gol cepat pada menit ke-88 dan di waktu tambahan, menit ke-90+1, mengantarkan Madrid meraih kemenangan agregat 4-3 dan membawa mereka ke final Liga Champions.

Dengan ini, Real Madrid mencatatkan keikutsertaan mereka dalam final Liga Champions untuk ke-18 kalinya, dengan 14 gelar juara yang telah diraih sebelumnya, termasuk yang terakhir pada tahun 2022.

Adapun untuk Borussia Dortmund, ini akan menjadi penampilan ketiga mereka di final Liga Champions, setelah sebelumnya meraih juara pada tahun 1997 dan menjadi runner-up pada tahun 2013.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #borussia #dortmund #tantang #real #madrid #final #liga #champions

KOMENTAR