Borussia Dortmund Melaju ke Final Liga Champions Usai Singkirkan PSG
Striker Borussia Dortmund, Niclas Fullkrug. [INA FASSBENDER / AFP]
05:12
8 Mei 2024

Borussia Dortmund Melaju ke Final Liga Champions Usai Singkirkan PSG

Borussia Dortmund telah mengamankan tempatnya di final Liga Champions musim 2023-2024 setelah mengalahkan Paris Saint Germain (PSG) pada babak semifinal.

Dengan kemenangan 1-0 dalam pertandingan kedua semifinal melawan PSG, Dortmund mengamankan lolos ke final dengan agregat 2-0.

Mats Hummels mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut pada menit ke-50, yang menjadi penentu kemenangan bagi tim yang dijuluki Die Schwarzgelben.

Laga antara PSG dan Dortmund digelar di Stadion Parc des Princes, dimulai pada malam hari waktu setempat.

Pada menit-menit awal pertandingan, Niclas Fulkrug nyaris membuka skor dengan sundulannya setelah menerima umpan dari Ian Maarsten, namun diselamatkan oleh kiper PSG Gianluigi Donnarumma.

Kylian Mbappe membalas dengan ancaman pada menit ke-7, melepaskan sepakan voli yang berhasil ditangkap oleh Gregor Kobel, kiper Dortmund.

Donnarumma melakukan penyelamatan penting lainnya ketika Dortmund menyerang lewat Karim Adeyemi, yang tembakannya ditepis oleh kiper pada menit ke-35.

Di menit ke-41, Vitinha mencoba peruntungan dengan sepakan jarak jauh yang akhirnya mudah ditangkap oleh Kobel. Babak pertama ditutup dengan keunggulan tipis Dortmund.

Gol yang dilesakkan Mats Hummels melalui tandukan pada menit ke-50, berhasil mengubah hasil agregat menjadi 2-0, menyambar umpan sepak pojok dari Julian Brandt.

Hummels mencatat rekor sebagai pemain asal Jerman tertua yang mencetak gol di fase gugur Liga Champions, pada usia 35 tahun dan 143 hari.

Usaha PSG untuk menyamakan kedudukan terlihat pada menit ke-61, namun upaya dari Nuno Mendes hanya mengenai tiang gawang.

Tim tuan rumah terus mencoba menembus pertahanan solid Dortmund, yang dipertahankan dengan baik oleh tim Jerman tersebut di bawah arahan pelatih Luis Enrique.

Sebuah gol kedua dari Hummels nyaris terjadi di menit ke-76, tetapi dianulir oleh wasit karena offside.

Mbappe kembali memberikan ancaman serius dengan sepakannya pada menit ke-85, yang berhasil ditepis Kobel dan mengenai tiang gawang, diikuti oleh tembakan Vitinha yang juga mengenai mistar dua menit kemudian.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta, dan dengan demikian, Dortmund berhasil mengamankan kemenangan 1-0 atas PSG di kandang mereka, Parc des Princes.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #borussia #dortmund #melaju #final #liga #champions #usai #singkirkan

KOMENTAR